Apa Itu Flow AMOLED yang Ada di POCO F5? | TECH – Tekno

by

Tech.hitekno.com – Data Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam laporan survei Status Literasi digital di Indonesia 2022, menulis tentang pola perilaku digital masyarakat Indonesia, di sini. Alhasil, Gen-Z menjadi kelompok terbesar yang waktu layarnya melebihi 6 jam sehari, mencapai 35%. Kemudian disusul oleh Gen-Y atau sering disebut Milenial sebesar 26%, selebihnya oleh Gen-X dan Boomers di kisaran 19%.

Andi Renreng, Kepala Bagian Pemasaran POCO Indonesia, mengatakan, “Karena perkembangan teknologi secara langsung mempengaruhi gaya hidup, dan semua orang pasti setuju bahwa smartphone adalah salah satu elemen terpenting yang harus ada. Data tersebut membuktikan bahwa smartphone bukan lagi sekedar alat komunikasi, melainkan sudah menjadi perangkat wajib untuk mengakses berbagai aktivitas, termasuk bermain game, serta streaming berbagai macam film dan konten.”

Ditambahkan Bung Andi, tren ini juga menjadi tantangan bagi produsen smartphone untuk memastikan kenyamanan penggunanya saat berlama-lama di depan smartphone.

“Layar merupakan elemen yang sangat penting saat kita ingin menikmati hiburan melalui smartphone. Di era modern ini, layar smartphone tidak cukup hanya bagus saja, namun harus optimal di berbagai kondisi, bisa menampilkan kualitas gambar terbaik, dan tetap nyaman di mata, meski dalam situasi sangat terang atau tanpa cahaya. Inilah salah satu kelebihannya POCO F5Flagship terbaru POCO yang kini mengusung teknologi layar terbaru, Mengalir AMOLED.”

Apa-apaan, layar Aliran AMOLED Itu?

Pada dasarnya, layar Flow AMOLED merupakan turunan dari jenis layar OLED. Keduanya masih berupa ‘gumpalan’, yakni sama-sama terdiri dari dioda pemancar cahaya organik yang memancarkan cahaya saat dinyalakan.

Hanya saja, fitur Flow AMOLED lebih fleksibel, lentur, namun tidak mudah jebol. Karakter ini membuat layar memiliki efek peredam kejut, sehingga smartphone yang menggunakan layar Flow AMOLED akan lebih tahan terhadap guncangan dan benturan. Tak heran jika layar Flow AMOLED kini menjadi tipe layar teratas yang didukung oleh smartphone seri flagship seperti POCO F5.

Layar yang lebih tipis, lebih ringan, dan lebih besar

Selain fleksibel, lentur dan tidak mudah pecah, layar Flow AMOLED juga memiliki ketebalan yang bisa dikatakan sangat tipis. Secara umum, layar Flow AMOLED hanya setengah setebal layar OLED konvensional. Dan dari segi bobot juga lebih ringan. Keunggulan ini menambah kenyamanan saat memegang smartphone dalam waktu lama, seperti saat bermain game dan menonton film.

Tidak hanya itu, penggunaan layar Flow AMOLED juga membuat bezel layar menjadi lebih tipis. Dengan kata lain, semakin tinggi screen-to-body ratio, maka ukuran layar semakin besar, tanpa mempengaruhi dimensi smartphone secara keseluruhan. Secara keseluruhan smartphone dengan layar Flow AMOLED akan memiliki layar yang besar, dengan dimensi yang masih kompak dan lebih mewah.

Nyaman untuk mata

Meski layar dari keluarga OLED banyak dipilih sebagai solusi smartphone flagship, namun ada juga masyarakat yang masih lebih memilih layar berjenis LCD. Alasannya tidak lain adalah fakta bahwa layar LCD lebih ramah mata daripada layar OLED. Masalah dengan layar OLED terkadang terjadi karena rendahnya frekuensi peredupan PMW (modulasi lebar pulsa). Frekuensi rendah ini menyebabkan layar kedip (flicker) yang tidak kita sadari, dan akhirnya membuat mata cepat lelah.

Masalah ini tidak terjadi pada layar Flow AMOLED yang memiliki frekuensi peredupan PMW tinggi 1920Hz. Sebab, tampilan di layarnya terasa nyaman bagi mata.

Hebatnya lagi, layar Flow AMOLED juga memberikan pengalaman nyaman bagi mata saat melihat layar di kegelapan, bahkan untuk mata sensitif sekalipun. Itu berkat tidak adanya kedipan layar bahkan di lingkungan dengan cahaya redup.

POCO F5 menghadirkan layar Flow AMOLED pertama dalam keluarga F Series

POCO F5 yang mengusung layar Flow AMOLED juga tidak tanggung-tanggung dengan menghadirkan refresh rate yang tinggi hingga 120Hz untuk memastikan transisi gambar yang mulus, serta mampu menampilkan hingga 68 miliar warna untuk menghadirkan gambar yang terlihat begitu nyata dan nyata. transisi warna alami. Selain itu, untuk lebih meningkatkan pengalaman menonton yang imersif, POCO F5 juga dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos dan Dolby Vision.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa layar Flow AMOLED dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan smartphone, pertanyaannya smartphone mana yang dapat mengoptimalkan potensi layar Flow AMOLED? Bisa saya katakan POCO F5 adalah flagship terbaik yang tidak hanya mengaplikasikan teknologi terkini, tapi juga yang terbaik. Perpaduan luar biasa performa tinggi dari chipset Snapdragon 7+ Gen 2 yang bertenaga, dipadukan dengan kualitas layar Flow AMOLED yang memukau, dan berbagai teknologi terbaik lainnya membuat smartphone ini jelas tak kenal takut dan mampu melancarkan segala aktivitas seperti bermain game, bahkan streaming. wayang selama berjam-jam.” tutup Bung Andi.