Indra Sjafri Belum Mau Panggil Chow Yun Damanik ke Timnas Indonesia U-20, Kenapa? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri mengaku masih belum tertarik memanggil Chow Yun Damanik untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) pada Maret 2024. Pasalnya, sang pemain harus melalui proses naturalisasi. . Pertama.

Nama Chow Yun Damanik sempat mencuat saat ingin memperkuat Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 suatu ketika. Namun, ia membatalkan keikutsertaan Garuda dalam acara tersebut karena masalah paspor.

Chow Yun Damanik sebenarnya memiliki darah Indonesia dari ibunya, yang sebenarnya memenuhi kriteria Indra Sjafri. Sayangnya, sang ibu dikabarkan telah berganti kewarganegaraan dan memiliki paspor Swiss.

Baca juga: Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia, Terus Berkarya di Seongnam FC

Hal inilah yang menyebabkan Chow belum bisa membela Timnas Indonesia meski usianya masih di bawah 21 tahun. Ia harus menjalani naturalisasi terlebih dahulu untuk mendapatkan paspor Indonesia.

Situasi ini menjadi pertimbangan besar bagi Indra Sjafri. Ia masih belum tertarik memanggil sang pemain untuk mengikuti TC Timnas U-20 Indonesia pada Maret mendatang.

Saya sudah sampaikan, saya hanya menelepon anak-anak yang berpaspor Indonesia dan bermain di luar negeri serta keturunan Indonesia, kata Indra Sjafri saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri saat ditemui usai memimpin latihan. (Sura.com/Adie Prasetyo Nugraha).

“Bisa juga ayah orang Indonesia atau ibu orang Indonesia yang akan kita berikan kesempatan sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Khusus pemain yang memiliki paspor selain Indonesia, Indra meminta bersabar terlebih dahulu. Mantan pelatih Bali United itu hanya ingin menaturalisasikan pemain dengan kemampuan di atas rata-rata.

“Buat (pemain) yang punya paspor negara lain, tunggu saja. Kalaupun saya naturalisasi, itu sangat istimewa dan itu keinginan saya sendiri,” tutupnya.

Baca juga: Karma! Tolak Timnas Indonesia, Andri Syahputra kini ‘diusir’ Qatar

Tahun ini Timnas U-20 Indonesia akan mengikuti beberapa turnamen seperti Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Kemudian target utamanya adalah lolos ke Piala Dunia U-20 2025.