Filipina Wajib Diwaspadai di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Klaim Sudah Kantongi Kekuatan Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Filipina, Michael Weiss, mengaku punya kekuatan yang dimiliki Timnas Indonesia jelang pertemuan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ini bisa jadi ‘perang jiwa’ jelang bentrok kedua tim di jeda internasional November nanti.

Timnas Filipina menjadi salah satu lawan timnas Indonesia di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Grup F Asia.

Pertemuan pertama antara Filipina dan Indonesia akan digelar di Manila pada 21 November 2023.

Filipina sendiri harusnya percaya diri menantang Timnas Indonesia dengan Weiss sebagai pelatihnya. Terlepas dari itu, Weiss merupakan sosok berpengalaman yang merintis sepak bola Asia Tenggara sejak 2011, sedangkan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, baru tiba di Indonesia delapan tahun kemudian.

Weiss menangani Timnas Filipina pada 2011 hingga 2014. Pelatih berusia 58 tahun itu kemudian melanglang buana ke berbagai tim di berbagai penjuru dunia, mulai dari Otelul Galati (Rumania), Vital’O FC (Burundi), dan Timnas Mongolia.

Weiss kemudian menjadi pelatih timnas Laos pada awal tahun 2022. Seperti Shin Tae-yong, Weiss juga pernah menangani timnas Laos di level senior dan junior.

Bersama Laos, Weiss menghadirkan berbagai kejutan. Ia mengantarkan Laos U-23 ke semifinal Piala AFF U-23 2022.

Weiss juga mengantarkan Laos U-19 finis sebagai runner-up Piala AFF U-19 2022, di mana Indonesia saat itu menjadi tuan rumah.

Masa bakti Weiss bersama Laos berlangsung hingga Juni 2023, tepat satu bulan setelah SEA Games 2023 berlangsung.

Di bulan yang sama, Weiss kembali ditunjuk sebagai pelatih Timnas Filipina untuk masa jabatan kedua. Karier panjang Weiss di sepak bola Asia Tenggara membuat ia bisa dibilang sedikit lebih bertenaga dibandingkan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Weiss mengungguli Shin Tae-yong dalam hal pengalaman dan pemahaman sepak bola Asia Tenggara. Bahkan di Piala AFF U-19 2022, pelatih berusia 58 tahun itu mengaku memahami kekuatan Timnas Indonesia, baik di level usia maupun senior.

“Saya sudah kenal Indonesia karena pernah menangani Filipina juga,” kata Weiss beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Makan Bola, Senin (23/10).

Bek Timnas Filipina, Carli De Murga pun mengaku sang pelatih sangat memahami kelebihan dan kekurangan Timnas Indonesia.

“Saya rasa positif dia (Weiss) memahami timnas Indonesia dengan baik. “Karena dia bisa memberi kami saran dan strategi yang tepat, dan juga taktik untuk menampilkan performa terbaik,” kata De Murga.