Kiki Fatmala Meninggal karena Komplikasi Kanker, Tak Rasakan Gejala Ternyata Sudah Stadium 4 – Viral

by

Pahami.id – Aktris senior Kiki Fatmala meninggal hari ini, Jumat (1/12/2023). Ia meninggal pada usia 56 tahun akibat komplikasi penyakit kanker yang dideritanya selama beberapa tahun.

Beberapa waktu lalu, bintang film Si Manis Jembatan Ancol itu rupanya mengungkap awalnya ia didiagnosis menderita kanker stadium empat.

“Jadi begini, saya tidak ada gejala, biasanya orang ada gejala batuk, lalu batuk darah, biasanya orang langsung periksa,” kata Kiki Fatmala saat ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2023).

“Saya tidak mengalami hal seperti itu (gejalanya),“lanjutnya lagi.

Aktor tersebut kemudian menemukan adanya sel kanker di tubuhnya saat pemeriksaan kesehatan rutin.

Kiki Fatmala [Instagram]

“Jadi bagaimana saya tahu saya mengidap kanker? Pertama saya selalu melakukan pemeriksaan umum setiap tahunnya, kemudian pada bulan November 2021 saya melakukan pemeriksaan umum termasuk pemeriksaan kanker,” kata Kiki.

“Sebelumnya saya tidak pernah memeriksa apakah ada kanker atau tidak, saya baru mencoba memeriksanya tahun lalu. Dan ternyata saya baru tahu itu kanker, dan ternyata sudah stadium 4,” dia melanjutkan.

Diberitakan sebelumnya, pihak keluarga pertama kali menyampaikan informasi meninggalnya Kiki Fatmala melalui postingan Instagram.

Kiki Fatmala juga pernah membintangi sinetron Si Manis Jembatan Ancol dan juga pernah terlibat dalam 4 film Warkop DKI
Kiki Fatmala juga pernah membintangi sinetron Si Manis Jembatan Ancol dan juga pernah terlibat dalam 4 film Warkop DKI

“Dengan kesedihan yang mendalam dan berat hati, kami ingin mengumumkan berpulangnya Kiki Fatmala tercinta,” baca keterangan yang diunggah pada Jumat (1/12/2023).

Pihak keluarga mengatakan, prosesi pemakaman mendiang Kiki Fatmala akan digelar secara tertutup.

Anggota keluarga meminta masyarakat, termasuk media, untuk menghormati privasi mereka.

“Kami menghargai minat masyarakat untuk menghormati ingatannya, kami memilih untuk mengadakan upacara peringatan secara pribadi.” kata keluarga itu.

Fakta Kiki Fatmala.  (Instagram/@qq_fatmala)
Fakta Kiki Fatmala. (Instagram/@qq_fatmala)

Nama Kiki Fatmala tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat yang hidup pada era 1980-an hingga 1990-an, pasalnya namanya mulai melejit di dunia hiburan setelah membintangi beberapa film Warkop DKI bersama Dono, Kasino, dan Indro.

Namun puncak karir Kiki Fatmala adalah saat membintangi sinetron Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994.

Kabar meninggalnya aktris senior tersebut diberitakan pihak keluarga melalui akun Instagram Kiki Fatmala pada Jumat, 1 Desember 2023. Berdasarkan keterangan resmi pihak keluarga, Kiki Fatmala meninggal dunia akibat penyakit kanker.