Snowden dapatkan ‘Nobel alternatif’ – BBC News Indonesia – Berita Dunia

by

Snowden telah tinggal di Rusia sejak menjadi buronan dari AS karena membocorkan pengawasan NSA.

sumber gambar, EPA

keterangan,

Snowden telah tinggal di Rusia sejak menjadi buronan dari AS karena membocorkan pengawasan NSA.

Seorang buronan yang membocorkan dokumen intelijen AS, telah terpilih sebagai salah satu pemenang Senior Living Award 2014, yang secara luas disebut sebagai Nobel alternatif.

Dia terpilih bersama Alan Rusbridger, editor surat kabar Inggris The Guardian, yang menulis serangkaian laporan tentang pengawasan pemerintah AS, berdasarkan dokumen yang dibocorkan oleh Snowden.

Hadiah lainnya – dalam bentuk uang tunai – diberikan kepada tiga aktivis dari Pakistan, Sri Lanka dan Amerika Serikat

Warga negara Indonesia penerima Right Living Award adalah mendiang Munir, tahun 2000. Aktivis HAM itu tewas di pesawat Garuda akibat keracunan arsenik, 10 tahun lalu.

Edward Snowden telah tinggal di Rusia sejak melarikan diri dari Amerika tahun lalu.

Keberanian dan keahlian

Panitia mengatakan hadiah itu diberikan kepada Snowden atas “keberanian dan keterampilannya dalam mengungkap pengawasan negara yang tak terbayangkan, yang melanggar proses demokrasi dasar dan hak konstitusional”.

keterangan,

Almarhum Munir meraih Penghargaan Reziki Tepat 2000.

Editor The Guardian, Rusbridger, dianugerahi atas dasar “membangun media yang didedikasikan untuk jurnalisme yang bertanggung jawab demi kepentingan publik, … mengungkap praktik buruk yang dilakukan oleh perusahaan dan pemerintah.”

Tiga orang penerima hadiah uang 1,5 juta kronor atau Rp 2 miliar adalah aktivis HAM Pakistan Asma Jahangir, aktivis Komisi HAM Asia kelahiran Sri Lanka Basil Fernando dan aktivis lingkungan AS Bill McKibben.

Tidak sah

Keputusan itu sedianya akan diumumkan pada Kamis, namun tidak bisa dilakukan di Kementerian Luar Negeri Swedia di Stockholm seperti biasa karena saat ini tidak mendapat izin.

Dan daftar pemenangnya dibocorkan sehari sebelumnya ke televisi publik Swedia, SVT.

Selama 18 tahun pelaksanaannya, pemenang selalu diumumkan di ruang pers Kementerian Luar Negeri Swedia di Stockholm.

Tetapi ketika sekretaris negara Carl Bildt diberi tahu bahwa salah satu pemenangnya adalah Edward Snowden, televisi SVT menulis di situs webnya, “dia menolak izin untuk menyelenggarakan acara di gedung departemen luar negeri, bertentangan dengan pengaturan sebelumnya.”

Dihubungi oleh kantor berita AP, kementerian luar negeri Swedia – melalui juru bicara Erik Zsiga – tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Menteri Luar Negeri Carl Bildt sendiri sedang berada di New York, menghadiri sidang Majelis Umum PBB.