KTT Iklim PBB : Cina janji kurangi emisi – Berita Dunia

by

Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli menyampaikan komitmen China untuk mengatasi perubahan iklim

sumber gambar, Layanan Dunia BBC

keterangan,

Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli menyampaikan komitmen China untuk mengatasi perubahan iklim

China untuk pertama kalinya berjanji akan mengambil tindakan nyata untuk mengatasi perubahan iklim dengan tujuan mengurangi emisi pada tahun 2020, sebagaimana dinyatakan pada KTT PBB di New York.

Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli mengatakan emisi karbon China – yang tertinggi di dunia – akan dikurangi sesegera mungkin.

Presiden AS Barack Obama mengatakan perubahan iklim terjadi lebih cepat daripada upaya untuk mengatasinya, dan AS serta China memiliki tanggung jawab untuk memimpin negara lain.

KTT tersebut merupakan KTT iklim terbesar sejak 2009.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon bertujuan mendorong 120 negara anggota untuk menandatangani perjanjian global baru tentang perubahan iklim pada pertemuan di Paris tahun depan.

Menutup KTT, Ban mengatakan “belum pernah ada begitu banyak pemimpin berkumpul untuk berkomitmen pada aksi perubahan iklim”.

Sebelumnya, PBB telah memperingatkan bahwa dampak perubahan iklim menimbulkan masalah seperti naiknya permukaan air laut, risiko banjir besar dan berkurangnya produksi.

Zhang mengatakan China akan mengatasi emisi atau menguranginya “sebanyak mungkin”.

“Sebagai negara dengan tanggung jawab besar, negara berkembang yang hebat, China akan bekerja keras untuk menghadapi perubahan iklim dan memikul tanggung jawab internasional yang sesuai dengan keadaan dan kemampuan negara saat ini,” kata Zhang.

“Semua negara harus mengikuti perintis pembangunan hijau dan rendah karbon yang sesuai dengan kondisi nasional mereka (dan) mulai bertindak setelah tahun 2020.”

Wartawan tersebut mengatakan ini adalah pertama kalinya China membuat komitmen untuk mengurangi emisi karbon.