Berita Zelensky Tiba di Singapura, Bersiap Pidato dalam Forum Keamanan

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi Singapura pada Sabtu (1/6). Ia melakukan perjalanan ke Singapura untuk menghadiri dan berpidato di forum keamanan, Dialog Shangri-La, serta untuk menggalang dukungan bagi Kyiv.

AFP melaporkan, Zelensky memasuki lobi hotel tempat Dialog Shangri-La diadakan, dihadiri oleh menteri pertahanan dari seluruh dunia.


Institut Internasional untuk Studi Strategis (ISS) menyatakan Zelensky dijadwalkan berpidato di forum keamanan pada Minggu (2/6).

Pengumuman kunjungan Zelensky ke Singapura ini disampaikan setelah keputusan Amerika Serikat (AS) mencabut sejumlah pembatasan penggunaan senjata yang disiapkan untuk menyerang wilayah Rusia. Zelensky menyebut langkah tersebut sebagai sebuah langkah maju.

Zelensky telah melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa dalam beberapa hari terakhir untuk meminta lebih banyak bantuan militer bagi tentara Ukraina, yang telah menyerah pada serangan tanpa henti dari Rusia.

[Gambas:Video CNN]

Dia telah mengunjungi Spanyol, Swedia, Portugal dan Belgia untuk mendapatkan lebih banyak senjata dan bantuan bagi pasukannya yang sedang berjuang, termasuk menggalang dukungan untuk pertemuan puncak perdamaian yang akan diadakan di Swiss pada bulan Juni 2024.

Rusia telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap fasilitas listrik Ukraina sepanjang perang, menyebabkan kerusakan besar dan kekurangan listrik ketika pertahanan udara Ukraina kesulitan mengusir gelombang drone dan rudal.

Sementara Swedia pada Rabu (29/5) menjanjikan bantuan militer sebesar 13,3 miliar kronor atau US$1,25 miliar kepada Ukraina.

Sementara itu, Skandinavia yang resmi bergabung dengan NATO pada Maret lalu akan menyumbangkan sejumlah peralatan militer, antara lain pesawat pengintai ASC 890, rudal udara-ke-udara jarak menengah Rb 99 dan peluru artileri, serta seluruh pengangkut personel lapis baja PBV 302. .

(fby/chri)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);