Berita ‘Yalla, Haji!’ dan Sengatan Panas di Mina

by


Makkah, Pahami.id

Hari itu, Minggu 16 Juni 2026, saya sedang bersama rombongan jamaah haji haji satu lagi tiba di Mina, Arab Saudi, sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Tubuh saya dan seluruh jemaah tidak dalam kondisi 100 persen. Sehari sebelumnya kami berwudhu di Arafah hingga malam hari, melakukan Tawaf Ifadah dini hari Minggu pagi, dan kemudian shalat Idul Fitri di pagi hari.

Pada awalnya sepertinya semuanya berjalan baik, meski secara fisik saya mulai lelah. Kami menjalani ibadah haji Aqabah dengan lancar dan berakhir pada pukul 18.00. Namun permasalahan kemudian muncul karena aparat keamanan di kawasan Mina memberlakukan lalu lintas satu arah bagi para jamaah.


Jarak lempar Jumrah ke Maktab 2 tempat tenda kami melakukan mabit di Mina sebenarnya hanya 800 meter.

Namun kebijakan satu arah membuat kelompok tersebut sulit menjangkau sekolah tersebut. Penutupan jalan di beberapa titik membuat keadaan semakin rumit.

Kami baru tiba di sekolah sekitar pukul 23.00 waktu Saudi. Salah satu jamaah kemudian berkata, “Hari ini kita berjalan sejauh 25 kilometer.”

Pernyataan ‘haji adalah haji jasmani’ yang memerlukan kebugaran jasmani dan kesehatan yang baik memang benar adanya.

Dibutuhkan kekuatan fisik yang luar biasa untuk berjalan puluhan kilometer dalam cuaca panas dengan rata-rata 43 hingga 50 derajat Celcius.

Dari empat lokasi ziarah, situasi di Mina disebut paling tidak ramah bagi jamaah. Pemerintah Arab Saudi harus benar-benar memikirkan kembali dan mencari cara yang lebih baik untuk mengendalikan arus jamaah haji saat upacara rajam dan penguburan di Mina.

Bukan perkara mudah untuk mengorganisir lebih dari 2 juta jamaah untuk beribadah di satu tempat selama tiga hari berturut-turut (empat hari jika jamaah menggunakan nafar tsani).

Jumlah jamaah haji tersebut tentu jauh lebih banyak jika dihitung dengan jamaah yang datang ke Mina tanpa visa haji resmi.

Melihat video viral dan pemberitaan banyaknya jemaah haji meninggal di Mina, saya sebenarnya tak kaget.

Meski tak melihat langsung jenazah jamaah haji yang meninggal, namun sejak pertama kali menginjakkan kaki di Mina, saya melihat banyak jamaah yang ‘mengintai’ di pinggir jalan. Situasi yang mengkhawatirkan. Jemaah terlihat lelah dan kepanasan.

Saya tidak tahu, apakah mereka duduk dan berbaring di pinggir jalan karena capek bolak-balik antara sekolah dan tempat rajam, atau karena tidak punya sekolah. Satu yang pasti, situasinya tidak layak untuk beribadah.

Misalnya saya menghadiri Maktab 2 di Mina yang jaraknya hanya sekitar 800 meter. Namun karena adanya kebijakan satu arah untuk berjalan kaki, saya harus berjalan kaki lebih dari 5 kilometer untuk kembali ke Maktab 2, karena harus memutar arah. Hal ini juga dengan syarat tidak ada penutupan jalan seperti pada hari pertama.

Saya berangkat bersama rombongan haji khusus, jadi bayangkan apa yang harus dilalui jamaah normal yang tentu saja maktabnya jauh dari lokasi rajam. Pada haji reguler juga lebih banyak jamaah lansia.

Situasinya lebih buruk lagi bagi jemaah yang tidak memiliki sekolah di Mina. Mereka harus berkemah di pinggir jalan di bawah terik matahari yang suhunya bisa mencapai 50 derajat Celcius.

Jika timbul pertanyaan: “Mengapa jamaah haji tidak diam saja di dekat lokasi Perguruan Tinggi?”, maka jawabannya adalah petugas keamanan di Mina dan seluruh lokasi haji sangat ketat dan ‘galak’.

Petugas keamanan selalu mengusir jamaah, terutama rombongan yang berhenti atau menunggu di sepanjang jalan.

“Yalla, haji! Yalla, haji! Yalla, haji!” teriak setiap petugas keamanan jika melihat jemaah berdiri diam atau sekedar istirahat dan menunggu. “Yalla, Haji!” mempunyai arti seperti “Ayo Haji!”.

Mau tidak mau, jemaah terus dipaksa berjalan. Jadi bayangkan jika jemaah tidak mempunyai sekolah di Mina. Akibatnya, mereka harus ‘nongkrong’ di pinggir jalan sambil bermain-main dengan petugas keamanan.

Faktanya, strategi yang dilakukan petugas keamanan di Mina sudah tepat, karena jika tidak disuruh terus berjalan maka akan terjadi penumpukan dan dapat menghambat arus jamaah.

Tapi setidaknya ajarkan petugas keamanan untuk berbicara bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan jamaah menggunakan bahasa yang lebih universal.

Salah satu kendala selama pelaksanaan ibadah haji di Mina adalah petugas keamanan tidak dapat berkomunikasi dengan jamaah, dan petugas keamanan tidak memahami tata letak sekolah di Mina secara keseluruhan.

Permasalahan komunikasi sebenarnya juga terjadi di seluruh lokasi haji, baik di Masjidil Haram, Arafah, Mina, maupun Muzdalifah. Kalaupun tidak terjadi, setidaknya jamaah tahu apa yang harus dilakukan, ke mana harus pergi, ke mana harus beribadah. Jadi tidak perlu terjadi perdebatan antara jamaah dan petugas keamanan.

Jadi, ‘haji adalah ibadah fisik’ adalah pernyataan yang benar. Namun setidaknya dari pernyataan tersebut pemerintah Arab Saudi sadar dan bisa melakukan persiapan lebih baik dalam menghadapi jamaah haji. Jangan sampai kita para jamaah haji hanya berteriak, “Yalla, haji!, Yalla, haji!”.

(miskin)