Berita Xi Jinping Sebut AS Pernah Coba Manipulasi China untuk Serang Taiwan

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Tiongkok Xi Jinping disebutkan pada bulan April 2023 dan kemudian dilaporkan kepada Uni Eropa itu Amerika Serikat mencoba mendorong Tiongkok untuk menyerang Taiwan.

Hal tersebut terungkap dari informasi beberapa sumber kepada Financial Times.

Salah satu sumber mengatakan Xi Jinping juga mengeluarkan peringatan serupa kepada pejabat Tiongkok, bahwa AS berusaha ‘menipu Tiongkok’ agar menyerang Taiwan, namun ia tidak mau menerima umpan tersebut.


Beberapa cendekiawan Tiongkok dan pensiunan perwira militer menuduh AS memancing Beijing dengan memasok senjata ke Taiwan dan mengambil langkah lain untuk melibatkan Tiongkok dalam konflik bersenjata.

Pada bulan Januari, mantan duta besar Tiongkok untuk AS, Cui Tiankai, mengatakan Beijing tidak akan jatuh ke dalam perangkap yang mungkin dibuat oleh seseorang. Pernyataan itu mengisyaratkan Washington.

Pernyataan Xi Jinping kepada Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen adalah contoh pertama dia melontarkan tuduhan terhadap para pemimpin asing.

Xi Jinping juga mengatakan konfrontasi dengan AS akan menghancurkan banyak pencapaian Tiongkok dan melemahkan tujuan Tiongkok dalam mencapai ‘Peremajaan Besar’ pada tahun 2049.

Dipilih dari berita TaiwanInformasi ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan.

Tiga hari setelah pelantikan Presiden Lai Ching-te, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok melancarkan latihan militer di sekitar Taiwan dan pulau-pulau sekitarnya sebagai ancaman terhadap mereka yang menuntut kemerdekaan.

(vws)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);