Berita Viral Surat Suara di Arab Saudi Disebut Tercoblos, PPLN Buka Suara

by


Jakarta, Pahami.id

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang warga negara Indonesia (WNI) di Jeddah, Mekkah, Arab Saudi keberatan dengan surat suara yang disebut-sebut telah ditandai oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

Dalam potongan video yang diunggah ke media sosial X, terlihat seorang pemilih mengeluh karena tidak teliti memeriksa suaranya.


Surat suara yang diterimanya disebut-sebut merupakan hasil suara pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hati-hati dengan surat suara: Buya Abdul Wahid di Mekkah kemarin saat mencoblos nomor 01, ternyata nomor 02 sudah tercetak. Ini triknya: nomor 02 di surat suara sudah tercetak, jadi jika ada yang memilih 01 atau 03, maka surat suara tersebut dinyatakan tidak sah karena yang terpilih ada dua,” demikian bunyi narasi video tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah Yasmi Andriansyah menyatakan, kejadian di lapangan bukanlah bentuk penipuan seperti yang diceritakan melalui video di media sosial.

Pasalnya, pemilih Abdul Wahid mengaku kurang berhati-hati saat memilih.

Pertama, Buya Abdul Wahid menyatakan ketidakakuratannya saat mencoblos. Kedua, sangat tidak setuju dan menyayangkan narasi yang disebar seolah-olah telah terjadi penipuan, kata Yasmi dalam keterangan video.

Yasmi juga mengatakan, Abdul Wahid menyampaikan kepada PPLN bahwa penyelenggara pemilu di Jeddah telah melakukan proses pemungutan suara dengan baik.

Yasmi juga mengatakan PPLN Jeddah akan menindaklanjuti penyebaran misinformasi tersebut dengan menggandeng pihak kepolisian.

Kami PPLN Jeddah akan meminta polisi melakukan pengusutan menyeluruh terkait penyebaran informasi menyesatkan tersebut, kata Yasmi.

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);