Berita Viral Netizen Kritik Video Biden Bercanda saat Jokowi Bahas Gaza

by

Jakarta, Pahami.id

pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, menjadi viral di media sosial. Biden terlihat tak menanggapi secara serius pernyataan Jokowi terkait desakan Israel untuk melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza Palestina.

Dalam video tersebut, Jokowi terlihat melontarkan beberapa pernyataan terkait Gaza, salah satunya adalah seruan agar AS berbuat lebih banyak untuk menekan Israel agar melakukan gencatan senjata.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Indonesia meminta AS berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza. Gencatan senjata adalah suatu keharusan bagi umat manusia,” kata Jokowi di samping Biden.

Alih-alih menanggapi Jokowi, Biden malah menanggapi pernyataan Presiden Indonesia mengenai Gaza dengan topik lain.

Terima kasih, dan ketika kita bertemu di luar (Gedung Putih) setelah saya menyambut Anda keluar dari mobil, kita langsung membahas topik iklim yang sangat penting, kata Biden menanggapi Jokowi.

“Presiden (Jokowi) bilang ‘Saya kedinginan’ dan saya ingin menyelesaikan masalah ini secepatnya. Terima kasih dan selamat datang (di Gedung Putih),” imbuh Biden sambil tersenyum dan menjabat tangan Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa netizen melontarkan kritik di kolom komentar terkait tanggapan Biden yang dinilai tidak serius terhadap pernyataan Jokowi.

“Tuan Biden menginginkannya berbelok topik ya,” kata seorang warganet.

“Biden mengerti bahasa Inggris Tidak? Orang-orang malah membicarakan gencatan senjata di Gaza bicara tentang cuacanya,” kata warganet lain.

“Pak Biden biasa berbasa-basi seperti seorang ibu jika dia mau,” baca komentar netizen lainnya.

Kunjungan Jokowi ke Gedung Putih terjadi di luar agendanya menghadiri KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di San Francisco pada 15-17 November.

Pertemuan antara Jokowi dan Biden juga terjadi setelah Jokowi menghadiri pertemuan darurat Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11).

Bertemu Biden, Jokowi mengaku juga menyampaikan pesan Presiden Palestina Mahmoud Abbas serta hasil pertemuan Liga Arab-Oki terkait invasi Israel ke Gaza.

(rds/bac)

[Gambas:Video CNN]