Berita Venezuela-Kolombia Sokong Brasil Anggap Israel Macam Hitler

by


Jakarta, Pahami.id

Venezuela dan Kolumbia mendukung Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva atas kritiknya terhadap agresi Israel di Jalur Gaza.

Dalam program televisi pada Senin (19/2), Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan apa yang dilakukan Israel di Gaza sama dengan apa yang dilakukan Nazi Jerman di masa lalu. Hal ini senada dengan pernyataan Lula pada pertemuan Uni Afrika beberapa waktu lalu.

“Seperti yang dikatakan Presiden Lula pada pertemuan Uni Afrika, apa yang dilakukan pemerintah Israel sama dengan yang dilakukan Hitler terhadap orang-orang Yahudi,” kata Maduro. Agensi Anadolu.


Presiden Kolombia Gustavo Petro pun mengamini pernyataan Lula.

“Saya menyampaikan solidaritas penuh saya kepada Presiden Lula dari Brazil. Di Gaza, terjadi pembantaian dan ribuan anak-anak, perempuan dan warga sipil lanjut usia dibunuh karena kepengecutan,” kata Petro.

Pernyataan kedua pemimpin tersebut menyusul pernyataan Lula pekan lalu yang membandingkan perang di Gaza dengan kampanye Adolf Hitler untuk memusnahkan kaum Yahudi.

“Apa yang terjadi di Jalur Gaza terhadap rakyat Palestina belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. Faktanya, hal itu sudah terjadi ketika Hitler memutuskan untuk membunuh orang-orang Yahudi,” katanya kepada wartawan.

Pernyataan Lula pun ditanggapi pemerintah Israel. Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Lula adalah “persona non grata” sampai dia mencabut pernyataannya.

Pada hari Senin, Lula akhirnya memanggil duta besar Brazil untuk Israel Frederico Meyer. Kementerian Luar Negeri Brazil juga menyatakan akan memanggil Duta Besar Israel untuk Brazil, Daniel Zonshine, untuk bertemu di Rio de Janeiro.

Invasi Israel ke Gaza sejauh ini telah menewaskan lebih dari 29 ribu orang. Mayoritas korbannya adalah anak-anak dan perempuan.

(blq/asa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);