Berita Ucapkan Selamat, Jokowi Ajak PM Inggris Berkontribusi buat Perdamaian

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pengangkatan Anda Keir Starmer sebagai Perdana Menteri (PM) Bahasa inggris terpilih.

Saya mengucapkan selamat kepada @Keir_Starmer atas pengangkatannya sebagai Perdana Menteri Inggris, kata Jokowi dalam postingannya di X, Sabtu (6/7).


Jokowi mengajak Starmer untuk bersama-sama meningkatkan kerja sama bilateral dalam rangka peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Inggris tahun ini.

Ia juga mengajak Starmer untuk berkontribusi terhadap perdamaian dan kesejahteraan global.

“Sambil memperingati 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Inggris tahun ini, mari kita tingkatkan kerja sama bilateral dan berkontribusi terhadap perdamaian dan kesejahteraan global,” kata Jokowi.

Keir Starmer menjadi PM Inggris setelah partainya, Partai Buruh, meraih 412 dari 650 kursi parlemen dalam pemilihan umum (election) pada Kamis (4/7).

Partai Buruh mengalahkan Partai Konservatif pimpinan Rishi Sunak yang meraih 121 kursi.

Mantan PM Rishi Sunak pun mengaku kalah pada Jumat pagi (5/7), disusul dengan pengunduran diri resmi kepada Raja Charles III.

Starmer bertemu Raja di Istana Buckingham tak lama setelah Sunak. Dalam pertemuan tersebut, Raja Charles III memerintahkannya untuk segera membentuk pemerintahan.

“Sir Keir menerima tawaran Yang Mulia dan mencium tangan Yang Mulia selama pengangkatannya sebagai perdana menteri dan kepala perbendaharaan pertama,” kata juru bicara Raja Charles III seperti dikutip Sky News.

(blq/asr)