Berita Trump Menang Kaukus Iowa, Makin Dekat Jadi Capres Pilpres AS 2024

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump memenangkan kemenangan telak dalam pemungutan suara kaukus Partai Republik Iowa Pemilihan Presiden AS 2024 pada Senin (15/1).

Trump mengalahkan mantan Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, dan Gubernur Florida, Ron DeSantis, dalam kaukus tersebut. Kemenangan ini semakin mengukuhkan Trump sebagai calon presiden kuat dari Partai Republik pada pemilu presiden November mendatang.


Menurut perhitungan CNN, Trump meraih 32.726 suara dengan total 17 delegasi. Mengikuti Trump, DeSantis dan Nikki Haley masing-masing memperoleh 14.245 dan 13.325 suara.

Kaukus Iowa merupakan tahap pertama dalam pemilihan calon presiden dari Partai Republik untuk Pilpres AS 2024. Kaukus dilakukan oleh masing-masing partai, baik partai Republik maupun Demokrat.

Berbeda dengan pemungutan suara pemilu yang dilakukan di bilik, pemungutan suara di kaukus dilakukan melalui rapat balai masyarakat.

Warga akan berkumpul untuk menunjukkan pilihan mereka terhadap presiden dan wakilnya. Tidak ada batasan kualifikasi atau putaran pemungutan suara di kaukus Partai Republik.

Kaukus di Iowa juga jangan dijadikan acuan untuk menentukan siapa calon finalis dari masing-masing partai. Namun, hasil kaukus pertama ini mempunyai dampak jangka panjang dalam membentuk masa depan proses nominasi.

Menanggapi kemenangannya, Trump mengatakan pemilu 2024 akan menjadi pemilu terpenting dalam sejarah AS.

“Saya merasa luar biasa. Merupakan suatu kehormatan bahwa beberapa menit setelah (proyeksi kemenangan) mereka benar-benar mengumumkan bahwa saya menang melawan persaingan yang sangat kredibel, persaingan yang hebat,” kata Trump.

“Ini adalah hal yang luar biasa dan perasaan yang luar biasa,” tambahnya.

(blq/rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);