Berita TNI Kerahkan Pasukan 3 Matra untuk Amankan Pelantikan Prabowo

by


Jakarta, Pahami.id

Mabes TNI menyiapkan rencana pengamanan pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 pada tanggal 20 Oktober.

Persiapan umum, TNI telah menyiapkan rencana pengamanan secara menyeluruh dengan melibatkan berbagai satuan sesuai dengan kebutuhan keamanan acara, kata Kepala Pusat Penerangan Masyarakat TNI Mayjen Hariyanto saat dihubungi, Jumat (11/10).


Dia menjelaskan, TNI bekerja sama dengan Polri dan instansi terkait lainnya untuk memastikan seluruh aspek keamanan terkoordinasi dengan baik.

Rencana pengamanan tersebut meliputi pengamanan kawasan sekitar lokasi peresmian, serta pengaturan arus lalu lintas dan akses masyarakat.

Keterlibatan satuan TNI yang akan dikerahkan adalah TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI AU. Masing-masing satuan akan mempunyai peran khusus seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VIP untuk menjaga keamanan saat pelantikan, ujarnya.

TNI juga menyiapkan langkah preventif untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan. termasuk pengawasan ketat di wilayah tertentu

“Dengan kesiapsiagaan ini, TNI berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban selama masa pelantikan presiden dan wakil presiden,” ujarnya.

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Mereka akan dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan mekanisme pengangkatan Prabowo-Gibran tentunya masih menggunakan aturan lama.

(yoa/anak-anak)