Berita TNI Ambil Alih Bandara Agandugume yang Sempat Dikuasai OPM

by


Jakarta, Pahami.id

Prajurit Yonif 751/VJS TNI berhasil mengamankan dan menguasai Bandara Agandugume Kabupaten Puncak, Papua Pusat yang dikuasai kelompok Pertubuan Papua Merdeka (OPM).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam)

“Masyarakat langsung sibuk memindahkan dan membersihkan runway bandara dari paku dan batu yang dipasang OPM,” kata Candra saat dikonfirmasi, Senin (8/7).


Pembangunan gudang logistik di kawasan tersebut merupakan salah satu cara untuk mengatasi bencana kelaparan yang terjadi setiap tahunnya.

Candra menjelaskan, selain gudang logistik, TNI dan Pemerintah juga akan mengembangkan komoditas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya misi kemanusiaan ini diharapkan tidak ada lagi kelaparan di Agandugume akibat cuaca ekstrim yang merusak tanaman pertanian,” ujarnya.

Pemerintah akan membangun dua gudang logistik di Distrik Sinak dan Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah untuk mengatasi kelaparan di wilayah tersebut.

Plt. Deputi Koordinasi Pembangunan Daerah dan Penanggulangan Bencana yang Berkeadilan Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sorni Easter Daeli sebelumnya mengatakan, pembangunan gudang di Kecamatan Sinak hampir selesai.

Sementara di Distrik Agandugume, aparat keamanan masih melakukan pembersihan di kawasan tersebut.

“Sedangkan di Agandugume masih pembersihan“Aparat keamanan masih melakukan pembersihan kawasan karena kawasan Agandugume merupakan pertigaan KKB,” kata Sorni di Kantor Kemenko PMK, Senin (24/6).

(yo/gil)