Berita Tito Ultimatum Pemda Segera Cairkan Anggaran Pilkada sebelum 9 Juli

by


Makassar, Pahami.id

Menteri Dalam Negeri (Kementerian Dalam Negeri) Tito Karnavian memberikan ultimatum kepada seluruh bupati yang belum mencairkan dana Pilkada. Dia meminta anggaran tersebut bisa cair sebelum 9 Juli.

“Jadi [kalau] “Kami baru akan pindah tanggal 9 Juli, kami akan turunkan tim ke daerah itu,” kata Tito usai Rapat Koordinasi Pemilu Serentak Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku 2024 di Makassar, Rabu (26/6).

Masalahnya apa? Masalahnya uangnya tidak ada atau uangnya sengaja ditahan, ujarnya.


Tito menegaskan, dirinya akan memaksa Pemprov mengeluarkan anggaran Pilkada serentak jika Pemprov terbukti sengaja menahan dana tersebut.

“Kami paksa segera salurkan ke KPUD, Bawaslu, dan aparat keamanan dan saya yakin akan terlaksana,” ujarnya.

Nantinya, Tito menyatakan Kementerian Dalam Negeri akan meminta Kementerian Keuangan mengirimkan dana hak daerah jika ternyata produksinya tertunda karena Pemda tidak punya anggaran.

“DAU percepatan DAU periode berikutnya bisa disalurkan setiap bulannya,” ujarnya.

“Ini akan dipercepat beberapa bulan ke depan, sebagian untuk Pilkada dan sebagian untuk sisa Pilkada, sebagian lagi untuk operasional,” kata Tito.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto juga mengimbau Pemerintah Daerah segera melaksanakan instruksi pencairan anggaran Pilkada.

Dan Mendagri sudah mengecek langsung satu per satu dan Insya Allah tanggal 9 Juli 2024 dana sudah diterima seluruhnya pada periode kedua, kata Hadi Tjahjanto.

(Kris)