Berita Tim Gratifikasi KPK Kumpulkan Bahan soal Jet Pribadi Bobby Nasution

by


Jakarta, Pahami.id

Komisi Pemberantasan Korupsi (Komisi Pemberantasan Korupsi) mengaku sedang mengumpulkan bahan untuk menindaklanjuti foto viral Wali Kota Medan Bobby Nasution yang menggunakan fasilitas jet pribadi bersama istrinya Kahiyang Ayu.

Yang jelas perihal Saudara B, materinya masih dikumpulkan di Direktorat Gratifikasi, kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di Gedung Putih KPK, Jakarta, Rabu (4/9) sore.


Dalam kesempatan itu, Tessa belum bisa memastikan apakah Bobby akan diundang menjalani penjelasan langsung di kantor KPK atau tidak. Namun, kata dia, proses klarifikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara kepada pejabat yang juga menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Bisa diajak, datang ke sini atau kalau posisinya di luar bisa lewat zoom karena sekarang di era digital lebih mudah dan tidak memerlukan biaya tinggi,” kata Tessa.

Purnawirawan Juru Bicara Polri itu menjelaskan, proses di Direktorat Gratifikasi merupakan bagian dari pencegahan tindak pidana korupsi (Tipikor), bukan penindakan.

Jadi, untuk Saudara B, kami mengapresiasi jika ada penjelasan dan mungkin nanti Direktorat Gratifikasi akan menghubungi kami untuk ditindaklanjuti, kata Tessa.

Sebelumnya, Bobby menjadi sorotan setelah fotonya bersama istrinya Kahiyang Ayu menaiki jet pribadi viral di media sosial. Dalam foto yang tersebar, lokasi jet pribadi tersebut berada di eks Bandara Polonia Medan yang kini menjadi Pangkalan Udara Soewondo.

Menantu Presiden Indonesia Jokowi membenarkan dirinya menaiki jet pribadi. Namun Bobby tak menjelaskan apakah jet yang ditumpanginya sesuai dengan foto yang beredar.

“Kita semua sudah naik pesawat,” kata Bobby, Selasa (3/9) sore.

Namun Bobby meminta masyarakat mengecek asal usul uang yang digunakan untuk jet pribadi yang diterbangkannya.

Kalaupun ada, kita menyewanya dari mana? Silakan dicek,” kata suami kedua Jokowi itu. anak.

(ryn/anak)