Berita Tentara Ukraina Tuduh Rusia Tembak 2 Tawanan Perang

by


Jakarta, Pahami.id

tentara Ukraina menuduh tentara Rusia menembak dua tawanan perang dan memposting video yang menurut mereka menunjukkan kejadian tersebut.

Dalam video tersebut, dua tentara yang diduga tentara Ukraina berlari menuju tentara lain yang diyakini berasal dari Rusia di dalam parit.

Tentara Rusia kemudian menangkap mereka dan menembak mereka berulang kali hingga mereka berhenti bergerak, sebelum berbalik. Tampaknya tidak ada orang yang menolak penangkapan.


Namun, AFP Mereka yang melaporkan informasi ini tidak dapat memastikan keaslian video atau lokasi kejadian.

“Pagi ini, Rusia sekali lagi menunjukkan perilakunya yang melanggar hukum kemanusiaan internasional dengan menembak dua tawanan perang Ukraina,” tulis pasukan darat Ukraina di Telegram, mengutip AFPMinggu (18/2).

Mereka mengatakan kejadian itu terjadi di wilayah tanggung jawab kelompok militer Khortytsia yang beroperasi di timur, tanpa memberikan lokasi yang lebih tepat.

Media Ukraina melaporkan bahwa insiden itu terjadi di timur laut desa Vesele di wilayah Donetsk, mengutip layanan pers kelompok Khortytsia.

Pasukan Khortytsian tidak terlibat dalam penarikan diri dari kota Avdiivka di wilayah tersebut, yang diklaim Rusia Sabtu lalu sebagai wilayah yang dikuasainya.

Rusia dan Ukraina saling menuduh berulang kali melanggar hukum kemanusiaan internasional dengan membunuh tawanan perang sejak Rusia menginvasi.

Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mendokumentasikan kasus-kasus eksekusi tanpa pengadilan terhadap tawanan perang Ukraina serta penyiksaan.

Sebelumnya, saluran Telegram DeepState yang dianggap dekat dengan militer Ukraina melaporkan bahwa tentara Rusia telah menembak enam tentara Ukraina yang terluka yang tertinggal selama penarikan dari Avdiivka, kemungkinan besar pada hari Kamis.

Dikatakan bahwa mereka terluka parah saat meninggalkan posisi Zenit di dekat kota Avdiivka bersama tentara lain selama retret Ukraina dan teman-teman mereka mengenali tubuh mereka dalam video yang diposting di media sosial oleh tentara Rusia.

Pihak berwenang Ukraina belum mengomentari laporan ini.

(tim/dmi)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);