Berita Tentara Israel Masih di Gaza

by

Jakarta, Pahami.id

relawan Indonesia di Gaza kata tentara Israel masih berada di kawasan itu pada hari pertama gencatan senjata, Jumat (24/11).

Warga negara Indonesia Fikri Rofiul Haq berbicara tentang situasi di Gaza saat wawancara dengan Pahami.id. Dia sekarang berada di kamp pengungsi Khan Younis.

Informasi yang saya dapat, meski gencatan senjata militer sudah terjadi, namun tentara Israel belum meninggalkan Jalur Gaza. Mereka masih memantau Jalur Gaza, kata Fikri.


Secara terpisah, wartawan Middle East Eye, pasukan Israel menembak warga Palestina yang kembali ke Gaza Utara. Akibat penyerangan ini, 15 orang dikabarkan terluka.

Israel dan milisi Palestina, Hamas, menyetujui gencatan senjata empat hari yang ditengahi Qatar. Gencatan senjata akan mulai berlaku Jumat ini.

Kesepakatan tersebut mencakup moratorium pertempuran selama empat hari, pengiriman 200 truk bantuan kemanusiaan ke Gaza setiap hari, dan pertukaran sandera dari Gaza dan Israel.

Terkait pertukaran sandera ini, kedua belah pihak sepakat bahwa 50 tahanan akan dibebaskan dari Gaza, dan 150 warga Palestina akan dipenjarakan oleh Israel.

Pertukaran tahanan akan dilakukan secara bertahap. Pada kelompok pertama, 13 orang asal Gaza dan 39 tahanan Palestina di Israel akan dibebaskan.

Gencatan senjata terjadi setelah 49 hari agresi Israel terhadap Palestina. Sepanjang operasi, mereka menyerang orang dan fasilitas umum.

Akibat serangan Israel tersebut, 14.800 orang yang mayoritas adalah anak-anak dan perempuan tewas di Palestina.

(tersedia/bmw)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);