Berita Tarekat Naqsyabandiyah Sumut Rayakan Iduladha Minggu, 16 Juni

by


Medan, Pahami.id

Jemaah Naqsybandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Sumatera Utara memutuskan Idul Adha 1445 Hijriah pada hari Minggu tanggal 16 Juni 2024. Penetapan ini berdasarkan perhitungan kalender Qomarian melalui Majelis Fatwa Tarekat Naqsabandiyah.

“Idul Adha ditetapkan jatuh pada hari Minggu tanggal 16 Juni 2024. Insya Allah dilaksanakan di setiap rumah suluk dan zikir yang telah ditetapkan,” kata Wakil Ketua Dewan Fatwa Tarekat Naqsybandiyah Sumut ini. , Munawar Kholil kepada Pahami.id, Jumat (7/6/2024).


Munawar mengatakan, salat khitanan Aidil Adha akan dipusatkan di Bandar Tinggi Simalungun dan Marindal Medan. Sedangkan di Riau dipusatkan di Pondok Pesantren Darus Shofa, Rumah Bagan Batu Suluk, Rumah Suluk Kota Dumai dan Majlis Zikir di Indragiri Hulu.

Di Sumsel dipusatkan di Rumah Suluk di Kota Palembang, Rumah Suluk Bangka, dan Rumah Suluk Belitung. Dan di Pulau Jawa dipusatkan di Cigombong Bogor, Rumah Suluk di Ciater Subang dan di Jepara, Jawa. Tengah (Jawa Tengah),” jelasnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Setelah salat Aidiladha, hewan kurban akan disembelih. Selanjutnya daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat.

“Biasanya ada penyembelihan hewan kurban. Tapi jumlahnya belum saya pastikan, di rumah suluk lain juga seperti biasa. Setelah salat, kegiatannya hanya membagikan daging kurban kepada jemaah dan masyarakat,” dia menjelaskan.

Munawar berharap salat Idul Fitri berjalan lancar. Meski terdapat perbedaan penentuan hari raya Idul Adha, namun ia berharap hubungan dengan masyarakat tetap baik.

“Kami berharap silaturahmi yang terjalin dengan masyarakat dan pemerintah dapat terus terjalin meskipun terdapat beberapa perbedaan, khususnya terkait pelaksanaan salat khitanan Aidil Adha tahun ini,” tutupnya.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama memutuskan Idul Adha jatuh pada Senin, 17 Juni. Pemantauan hilal dilakukan di 114 titik seluruh Indonesia yang hasilnya dibahas pada sidang awal isbat Zulhijah 1445.

Muhammadiyah juga telah menetapkan Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Penetapan ini berdasarkan Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Hasil Penghitungan Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah. Penentuan hari raya Idul Adha yang dilakukan oleh Muhammadiyah didasarkan pada metode perhitungan sebenarnya bentuk bulan sabit untuk menentukan awal bulan Hijriah.

(fnr/bmw)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);