Berita 68 Penumpang Kapal Pesiar Alaska Diisolasi usai Kena Norovirus

by


Jakarta, Pahami.id

Sebanyak 68 penumpang kapal pesiar Celebrity Cruises yang berbasis di AS telah terinfeksi Norovirus. Mereka diisolasi dan sampel diambil untuk pengujian.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS melaporkan, 68 dari 2.264 penumpang jatuh sakit saat menyelesaikan perjalanan mereka ke Alaska pada Jumat (7/6). Jumlah tersebut termasuk lima awak kabin.

Gejala utama yang dilaporkan termasuk muntah dan diare.


“Jumlah penumpang yang melaporkan sakit selama perjalanan dari total penumpang di dalamnya: 68 dari 2.264 (3 persen),” menurut CDC di situs web resmi.

Sedangkan jumlah awak kapal yang dilaporkan sakit selama pelayaran dari total jumlah awak kapal mencapai 5 orang dari total 943 awak kapal (0,53 persen).

“Agen penyebab: norovirus,” lanjut CDC.

Menanggapi wabah tersebut, badan tersebut mengatakan, Celebrity Cruises dan kru melaporkan tindakan berikut, termasuk mengumpulkan spesimen, mengisolasi penumpang dan awak yang sakit, dan berkonsultasi dengan CDC mengenai prosedur sanitasi yang direncanakan.

Kapal, yang melakukan perjalanan dari 24 hingga 31 Mei, memulai pelayaran Alaska selama seminggu antara Vancouver dan Seward.

Norovirus kadang-kadang disebut ‘flu perut’ atau ‘kutu perut’, meskipun tidak berhubungan dengan influenza. CDC mengatakan norovirus sangat menular.

Meluncurkan BebasJuru bicara Royal Caribbean Group, perusahaan pemilik Celebrity Cruises, mengatakan kapal telah dibersihkan dan tidak ada penumpang yang jatuh sakit dalam perjalanan tersebut.

Kejadian ini merupakan wabah Norovirus kedua di Celebrity Cruise. Pada bulan Januari, hampir 100 penumpang tertular virus tersebut.

Tahun ini, tercatat ada tujuh wabah penyakit saluran cerna di kapal pesiar. Banyak kasus yang disebabkan oleh norovirus padahal kapal pesiar tidak rentan menjadi sumber penularan.

Mayoritas infeksi Norovirus terjadi di fasilitas kesehatan (62 persen). Namun virus ini mudah menyebar di lokasi berkumpulnya banyak orang, seperti kapal pesiar, restoran, dan rumah sakit.

[Gambas:Video CNN]

(lainnya/arh)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);