Berita Tak Gelar PSU, KPU Maros Terancam Sanksi dari Bawaslu

by


Makassar, Pahami.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) MarosSulawesi Selatan, tidak melaksanakan rekomendasi Bawaslu untuk mengadakan pemungutan suara ulang (PSU) karena waktu pelaksanaan tidak dapat dilaksanakan dan persiapan logistiknya mendadak.

“Jadi KPU Maros menerima rekomendasi PSU pada tanggal 23, yaitu sehari sebelum PSU berakhir, sedangkan untuk PSU harus melaksanakan PSU pada tanggal 24. Ketika surat rekomendasi diterima, sudah tidak mungkin lagi untuk melakukan PSU. KPU Maros menyiapkan logistiknya,” kata Ketua KPU Sulsel Hasbullah, Selasa (27/2).


Hasbullah menjelaskan, PSU dilaksanakan 10 hari setelah pencoblosan pada 14 Februari. Namun, tegasnya, bukan KPU Maros yang tidak mau menggelar PSU, melainkan kondisi yang tidak memungkinkan digelar pada 24 Februari mendatang.

“Jadi KPU Maros tidak menolak rekomendasi tersebut, namun hari pelaksanaannya tidak bisa lagi dilaksanakan seperti UU No. 7 terkait PSU yaitu 10 hari setelah hari pemungutan suara yang jatuh pada tanggal 24, rekomendasinya keluar pada tanggal 23. Makanya dia berkesimpulan tidak bisa melaksanakannya, bukan tidak terima rekomendasinya, tapi syaratnya tidak bisa dilakukan,” ujarnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

KPU Sulsel, kata Hasbullah, tidak mempermasalahkan hal tersebut setelah KPU Maros melakukan konsultasi terkait pelaksanaan PSU.

Jadi itu masalahnya, bagi kami apa yang dilakukan KPU Maros dengan benar, tidak bisa dilaksanakan oleh PSU. Jadi tidak ada masalah, jelasnya.

Akibat tak digelarnya PSU sesuai anjuran, KPU Maros terancam sanksi Bawaslu. Namun Hasbullah menegaskan akan memberikan pembelaan kepada KPU Maros.

“Iya (akan dipertahankan) KPU Sulsel dan KPU RI, kami sampaikan syarat tidak boleh dilaksanakan (PSU),” ujarnya.

(mir/pm)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);