Berita Surya Paloh-Anies Kirim Selamat ke AHY usai Dilantik Jadi Menteri

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Partai NasDem Surya Paloh dan calon presiden nomor 1 Anies Baswedan ucapan selamat kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setelah diangkat menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Paloh menegaskan, penunjukan AHY sebagai Menteri ATR/BPN merupakan hak prerogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi).


“Saya ucapkan selamat. Itu hak prerogratif presiden. Konsistensi kita hak prerogratif presiden, mau lantik siapa, latar belakang apa,” kata Paloh di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (23/2).

Ia mengatakan, Presiden Jokowi tidak menyebut Partai Demokrat masuk dalam Kabinet Indonesia Maju dalam rapat beberapa waktu lalu.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Jokowi diam saja saat saya tanya,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anies juga mengucapkan selamat kepada AHY dan Hadi Tjahjanto selaku Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Ia berharap keduanya bisa mengemban amanah dengan baik. Selain itu, ia juga mampu menjalankan tugasnya di kementerian dan menjalankan kepentingan teknokrat secara menyeluruh.

Selamat kepada Pak Hadi yang dilantik menjadi Menko dan selamat kepada Pak AHY yang dilantik menjadi Menteri ATR/BPN, kata Anies.

Anies mengatakan, ucapan selamat kepada AHY sudah dikirimkan langsung.

“Saya sudah mengirimkannya,” katanya.

Sebelumnya, AHY telah dilantik sebagai Menteri ATR/Pimpinan BPN pada Kabinet Indonesia Maju (KIM) sisa masa jabatan 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Putra sulung Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, kini resmi menggantikan Hadi Tjahjanto yang pada hari yang sama juga dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Demokrat menjadi salah satu partai politik pendukung koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Pasangan ini unggul mengalahkan pesaing lainnya dalam hasil penghitungan aktual yang digelar KPU.

Partai besutan SBY ini sudah hampir 10 tahun keluar dari pemerintahan. AHY juga kerap mengkritik pemerintahan Jokowi, salah satunya terkait program food estate.

Demokrat juga berpeluang membangun koalisi bersama NasDem dan PKS untuk mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Namun gagal di tengah jalan karena Anies dan Ketua NasDem Surya Paloh memilih Ketua PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon wakil presiden.

(lna/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);