Berita Sultan Najamudin Klaim Didukung Prabowo Jadi Ketua DPD

by


Jakarta, Pahami.id

Anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD Terpilih dari Bengkulu, Sultan Bachtiar Najamudin mengaku mendapat dukungan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai calon Ketua lembaga tersebut periode 2024-2029.

Sultan mengaku pernah bertemu dengan Prabowo sebelumnya dan membicarakan banyak hal terkait persoalan kebangsaan. Ia yakin Prabowo mendukungnya menjadi Ketua DPD RI.

“Iya dia pasti dukung. Dia pendukung yang baik, pasti mendukung,” kata Sultan jelang pemilihan Ketua DPD, Selasa (1/10) malam WIB.


Sultan menyampaikan keinginannya untuk berganti dari petahana atau diangkat kembali menjadi anggota DPD pada periode tersebut. Ia menyoroti kepemimpinan DPD sebelumnya yang dinilai kurang inklusif dan kolaboratif.


Sultan mengaku terdorong untuk memperbaiki DPD menjadi lembaga parlemen yang kuat, dan mewakili kepentingan masyarakat di daerah.

Apalagi check and balance sudah ada, sehingga DPD harus benar-benar menjadi basis atau representasi formal masyarakat daerah di Jakarta, kata Sultan.

Hingga berita ini ditulis, proses pemilihan Ketua DPD masih berlangsung. Gangguan masih berdampak pada proses pemilihan Ketua DPD yang mengadu Sultan dengan La Nyalla Mattalitti.

Merujuk pada aturan yang telah disetujui dan disepakati sebelumnya, pemilihan pimpinan DPD menggunakan sistem paket. Artinya, setiap anggota DPD harus memilih paket kepemimpinan DPD yang terdiri dari seorang ketua dan tiga wakil ketua.

(ke/wiw)