Berita Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Raih ‘Best Dedication in Culture’

by


Palembang, Pahami.id

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menerima penghargaan “Dedikasi Terbaik dalam Pelestarian Kebudayaan dan Tradisional” pada Pahami.id Awards yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada Rabu (10/7) hari ini.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie.

Dalam penghargaan tersebut Pahami.id mengangkat topik “Dari Bumi Sriwijaya, Ciptakan Masa Depan Nusantara”.


Upacara ini juga dihadiri oleh Ketua dan Pendiri CT Corp Chairul Tanjung, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kapolda Sumsel Irjen Rachmad Wibowo, Panglima TNI Sriwijaya Mayjen Naudi Nurdika, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sebelumnya, acara Pahami.id Awards yang pertama telah dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada bulan Maret 2024. Kemudian dilanjutkan dengan acara kedua yang akan diadakan di Denpasar, Bali pada bulan Mei 2024.

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin telah menduduki tahta Kesultanan Palembang Darussalam selama 17 tahun.

Baginda dinobatkan sebagai Sultan di Kubu Kuto Besak berdasarkan hasil musyawarah mufakat antara Zuriyat-Zuriyat Sultan-Sultan Palembang dengan wakil Sultan Zuriyat pendiri Kesultanan Palembang Darussalam.

Tak hanya melestarikan budaya, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin kini juga banyak berkecimpung di dunia pendidikan dan kehidupan sosial di Sumsel.

Dilansir dari keratonpalembang.com, menurut silsilah Sultan Palembang Darussalam, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin merupakan keturunan dari tiga Sultan yang pernah memerintah Palembang.

Pertama, dari pendiri Keraton Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan/Susuhanan Adbulrahman Kahalifatul Mukminin Sayidul Imam. Kedua, Sultan Muhammad Mansyur Jayo Ing Lago.

Ketiga, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin juga mempunyai garis keturunan dari Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo, saudara kandung lain dari ibu Sultan Muhammad Mansyur Jayo Ing Lago dimana Raden Lumbu Pangeran Nato Dirajo bin Pangeran Ratu Purboyo bin Sultan Muhammad Mansyur Jayo Ing Lago menikah dengan putra Sultan Mahmoud. Badaruddin Jayo Wikramo.

(pop/vws)