Berita Suara Prabowo-Gibran Menang di Pulau Laut Natuna Perbatasan Indonesia

by


Tanjungpinang, Pahami.id

Kandidat calon nomor 2 Prabu Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di pulau perbatasan Indonesia di Kabupaten tersebut NatunaKepulauan Riau.

Prabowo-Gibran unggul di tujuh TPS di pulau terdepan dan terluar Indonesia di Pulau Laut, Kabupaten Natuna. Merupakan pulau yang berbatasan dengan ujung utara Indonesia.

Di sana, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di posisi kedua, dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi terakhir.


Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo – Gibran unggul dengan perolehan 938 suara, nomor urut 1 Anies – Muhaimin memperoleh 307 suara, sedangkan nomor urut 3 Ganjar – Mahmud memperoleh 186 suara, kata Ketua Pulau Laut itu. Panitia Pemilihan Kecamatan, Sagarudin saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Jumat (16/2).

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Dia menjelaskan, proses penghitungan suara Pemilu 2024 di tujuh TPS di tiga desa di Kecamatan Pulau Laut hanya bisa dilakukan secara manual.

Proses penghitungan suara tidak bisa dikirimkan ke KPU pusat melalui aplikasi Sirekap, karena menara jaringan komunikasi Telkomsel mengalami kerusakan akibat cuaca ekstrem beberapa waktu lalu.

“Hari ini hanya bisa pakai Whatsapp saja, sinyalnya muncul, tenggelamnya tidak normal, hanya bisa lapor manual lewat pesan singkat,” kata Sagarudin.

Menurut dia, proses penghitungan suara di tingkat desa telah selesai dilakukan oleh KPPS pada Kamis (15/2). Selanjutnya, lanjutnya, rapat pleno tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada Sabtu (17/2).

Kesalahan diperbaiki dengan tip ex

Sagarudin mengatakan, dalam proses penghitungan suara terdapat kesalahan penulisan hasil pemilu presiden yang dilakukan anggota KPPS. Namun kesalahan tersebut kemudian dikoordinasikan dengan PPK kemudian diperbaiki oleh eks tip dan diparaf oleh saksi dan petugas KPPS.

Kesalahannya mungkin tipe x dengan catatan diparaf seluruh saksi dan petugas KPPS di TPS 03 Kampung Tanjung Pala, kata Sagarudin.

Sagarudin mengatakan, dari 7 TPS yang tersebar di Kampung Air Payang, Kampung Tanjung Pala, dan Kampung Kadur, totalnya ada 1.431 yang menggunakan hak pilihnya. Ada 1.663 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

(arp/anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);