Berita Sidang Kabinet Perdana, Prabowo Kumpulkan Semua Menteri di Istana

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Prabu Subianto akan mengadakan rapat kabinet pertamanya hari ini di Istana Kepresidenan Jakarta. Dia akan memanggil semua menteri untuk diberi pengarahan.

Hal itu diketahui dari agenda resmi wakil presiden. Rapat kabinet paripurna dijadwalkan pukul 15.00 WIB dan digelar di Kantor Presiden.

Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan, Budiman Sudjatmiko mengatakan, salah satu pembahasan dalam pertemuan hari ini adalah pengentasan kemiskinan.


Karena rapat paripurna besok tentu pembahasannya lebih luas, karena kemiskinan seperti ini bagaimana program pembangunan bisa berdampak pada lahirnya masyarakat miskin baru yang harus dicegah, kata Budiman di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa. (22/10).

Rapat kabinet paripurna merupakan agenda rutin presiden. Pada era Presiden Jokowi, kegiatan ini diadakan sebulan sekali.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung pernah mengatakan seluruh menteri wajib mengikuti rapat kabinet paripurna. Hanya menteri yang mendapat penugasan khusus dari presiden yang boleh mangkir.

Sidang kabinet paripurna biasanya dibuka dengan perkenalan dari presiden. Pendahuluan berisi petunjuk mengenai permasalahan penting yang perlu segera diatasi.

Setelah itu, Presiden meminta beberapa menteri memberikan laporan dan solusi atas permasalahan yang menjadi perhatian tersebut. Biasanya, rapat kabinet paripurna digelar sekitar satu hingga dua jam.

Sebelumnya, Prabowo melantik 48 menteri Kabinet Merah Putih. Ia juga menunjuk 55 wakil menteri dan puluhan kepala lembaga. Ia juga telah menunjuk utusan khusus, staf khusus, dan penasihat khusus presiden.

Persiapan pemerintah akan dilanjutkan oleh Prabowo pada pengarahan para menteri jilid kedua. Dia akan mengumpulkan anak buahnya di Akademi Militer Lembah Tidar, Magelang akhir pekan ini untuk diberi pengarahan visi dan misi.

(dhf/DAL)