Berita Siapa Mantu Eks Presiden Korsel Moon Jae In yang Dicarikan Kerjaan?

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Presiden Korea Selatan, Bulan Jae SayaNmenjadi tersangka kasus korupsi setelah dituduh membantu mantan menantunya menduduki posisi strategis di sebuah perusahaan penerbangan.

Status tersangka Moon terungkap dalam surat perintah penggeledahan dari Kejaksaan Korea Selatan per 30 Agustus, lalu dilanjutkan dengan penggerebekan di rumah putrinya, Moon Da Hye.


Lantas siapakah menantu mantan presiden Korea Selatan Moon Jae In?

Sejauh ini, informasi mengenai identitas mantan menantu Moon Jae In ini sangat minim. Media Korea hanya menyebut nama belakang menantu Moon itu sebagai Seo.

Putri tunggal Moon Jae In, Moon Da Hye, diketahui telah menceraikan suaminya Seo sejak 2021.

Laporan dari Waktu Koreaini pertama kalinya Moon Da Hye terlibat langsung dalam penyelidikan yang sedang berlangsung.

Seo diketahui diangkat menjadi eksekutif maskapai penerbangan Thailand Easter Jet pada 2018, saat Moon masih menjabat sebagai presiden.

Seo diduga ditunjuk sebagai eksekutif di sebuah maskapai penerbangan yang didirikan oleh mantan anggota parlemen Lee Sang Jik, sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada Lee.

Seo dikatakan ditunjuk sebagai eksekutif tak lama setelah Lee menjadi kepala Badan UKM dan Startup Korea pada Maret 2018 pada masa kepresidenan Moon.

Karena kurangnya pengalaman Seo di industri penerbangan, pengangkatannya ke jajaran eksekutif menimbulkan skeptisisme besar di kalangan masyarakat.

Sejauh ini Kantor Kejaksaan Distrik Jeonju yang menangani kasus ini telah mempercepat penyelidikannya selama beberapa minggu terakhir dan memanggil mantan ajudan Moon untuk diinterogasi.

Tuduhan tersebut juga diperkuat setelah jaksa menuduh Presiden Moon dan istrinya menghentikan dukungan keuangan untuk putri mereka, Moon Da Hye, yang merupakan mantan istri Seo setelah dipekerjakan oleh Thai Eastar Jet.

Jaksa menilai jika dukungan finansial terbukti terhenti setelah Seo bekerja di Thai Eastar Jet, maka posisi tersebut bisa dianggap sebagai suap untuk Moon.

Sebab, selama Seo bekerja di maskapai tersebut, mantan menantunya mendapat gaji dan tunjangan yang besar termasuk rumah.

Jaksa memperkirakan bahwa Seo menerima total gaji sebesar 223 juta won ($166.500) dan biaya relokasi ke Thailand antara Juli 2018 hingga April 2020. Jaksa menganggap tunjangan tersebut sebagai suap untuk Moon.

(dna/bac)