Berita Serangan Udara Israel Kembali Bombardir Bandara Utama Suriah

by

Jakarta, Pahami.id

Israel kembali melancarkan serangan udara terhadap Bandara Internasional Damaskus di Suriah, sehingga membuat bandara tersebut tidak lagi beroperasi. Bandara ini sebenarnya baru kembali beroperasi setelah mengalami serangan serupa bulan lalu.

“Pesawat-pesawat tempur Israel pada Minggu malam melancarkan serangan baru yang menargetkan bandara internasional Damaskus, sehingga bandara tersebut tidak dapat dioperasikan,” kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris pada Minggu (26/11).

Serangan itu menargetkan landasan pacu, dan laporan ledakan datang dari bandara militer di tempat lain di ibu kota.


Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap tetangganya di utara sejak perang saudara Suriah dimulai pada tahun 2011, terutama menargetkan pejuang Hizbullah Lebanon dan pasukan yang didukung Iran serta posisi militer Suriah.

Namun, serangan meningkat sejak perang antara Israel dan Hamas, sekutu Hizbullah, dimulai pada tanggal 7 Oktober, dan serangan Israel terhadap bandara Damaskus dan bandara Aleppo di utara pada tanggal 12 Oktober dan 22 Oktober membuat kedua fasilitas tersebut offline.

Dua kantor tiket di ibu kota menceritakan AFP bahwa penerbangan telah dilanjutkan dari Damaskus pada hari Minggu, dan media lokal juga melaporkan pembukaan kembali tersebut.

Pihak berwenang belum memberikan pengumuman resmi terkait hal ini. Penerbangan tersebut dialihkan ke Latakia di pantai barat setelah serangan 22 Oktober.

Israel jarang berkomentar mengenai serangan individu yang menargetkan Suriah, namun berulang kali mengatakan pihaknya tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya Iran, yang mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, memperluas kehadirannya di sana.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);