Berita Serangan di Tepi Barat, 6 Warga Palestina dan 1 Polisi Israel Tewas

by


Jakarta, Pahami.id

Enam warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Tepi Barat yang diduduki pada Minggu (7/1) pagi waktu setempat. Pada hari yang sama, seorang anggota Israel meninggal dunia saat kendaraan dinasnya terkena bom.

“Pemboman pendudukan Israel terhadap sekelompok warga menewaskan enam orang di Jenin,” kata Kementerian Kesehatan yang dikelola Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah, seperti dilansir AFP.


“Dia (petugas) berada di dalam kendaraan operasional yang terkena bahan peledak,” kata tim.

Serangan itu juga melukai tiga petugas polisi Israel. Namun belum bisa dipastikan apakah enam warga Palestina dan polisi Israel tewas akibat serangan yang sama atau tidak.

Kekerasan di Tepi Barat dimulai beberapa bulan setelah perang Israel dengan kelompok Hamas yang berbasis di Gaza. Konflik juga meningkat ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hampir dua dekade.

[Gambas:Video CNN]

Tentara Israel melakukan serangan berkala di wilayah pendudukan, khususnya di kubu militan Jenin dan kamp pengungsi di dekatnya.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa, melaporkan pada Minggu pagi bahwa pengerahan militer Israel dalam jumlah besar sedang dilakukan di Jenin.

Dikatakan bahwa enam warga Palestina, termasuk empat saudara laki-laki, tewas dalam “serangan pesawat tak berawak Israel” di Jenin.

Serangan militer Israel di wilayah Jenin kerap memicu bentrokan antara tentara dan militan Palestina.

Tentara mengatakan mereka menargetkan “teroris” dalam serangannya, namun Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan banyak warga sipil termasuk di antara korban tewas.

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak perang dengan negara-negara Arab pada tahun 1967.

Sejak perang Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober 2023, setidaknya 327 orang di Tepi Barat telah dibunuh oleh pasukan atau pemukim Israel, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober mengakibatkan kematian sekitar 1.140 orang, sebagian besar warga sipil, menurut perhitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Sebagai tanggapan, Israel melakukan pemboman tanpa henti dan invasi darat yang telah menewaskan sedikitnya 22.722 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

(AFP/Kris)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);