Berita Sekutu Dekat Putin Tuding NATO Terlibat Perang di Ukraina

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua DPR Rusia serta sekutu dekat Presiden VladimirPutinVyacheslav Volodin, menuduh Aliansi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) terlibat dan menjadi peserta perang Ukraina.

Volodin mengatakan NATO terlibat erat dalam keputusan militer Ukraina. Aliansi tersebut telah mengerahkan penasihat dan instruktur militer ke Ukraina sejak invasi.


“Mereka (anggota NATO) menentukan kota mana di negara kita yang akan diserang, mengoordinasikan aksi militer dan memberi perintah,” ujarnya, Jumat (13/9), dikutip Reuters

Dia kemudian mengatakan, “NATO telah menjadi peserta dalam aksi militer di Ukraina. Mereka mengobarkan perang melawan negara kita.”

Volodin juga mengatakan, saat ini Amerika Serikat, Jerman, Inggris, dan Prancis sedang mendiskusikan kemungkinan serangan dari Ukraina dengan menggunakan senjata jarak jauh ke Rusia.

Menurut Ketua DPR itu, tindakan tersebut merupakan upaya untuk menyamarkan dan menyembunyikan keterlibatan langsung NATO dalam aksi militer.

Bahkan, lanjutnya, Amerika Serikat dan negara-negara sekutu berupaya melibatkan diri dalam agresi terhadap Rusia.

Komentar Volodin muncul setelah Putin memperingatkan negara-negara Barat akan segera berperang dengan Rusia jika membiarkan Ukraina menyerang wilayah Negara Beruang Merah dengan rudal jarak jauh buatan Barat.

Tindakan itu, kata Putin, akan mengubah arah konflik.

(isa/bac)