Berita Saya Yakin 4-5 Tahun Kita Swasembada Pangan

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Prabowo bertekad menjadikan Indonesia negara swasembada pangan dalam 4-5 tahun ke depan.

Tekad tersebut ia ungkapkan dalam pidato perdananya pasca-Prabowo dilantik menjadi Presiden ke-8 RI.

Prabowo mengaku tidak sembarangan mengambil keputusan tersebut. Penetapannya ia lakukan dengan melibatkan para ahli.


“Kita harus bisa memproduksi dan memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia. Saya sudah belajar dengan para ahli yang membantu saya. Saya yakin dalam waktu 4-5 tahun kita akan swasembada pangan. Bahkan, kita siap untuk mencapainya. menjadi keranjang pangan dunia,” ujarnya di hadapan DPR/MPR, Minggu 20/10).

“Saudara-saudara, saya nyatakan Indonesia harus swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kita tidak bisa bergantung pada pangan dari luar,” ujarnya.

Selain bertekad mewujudkan Indonesia swasembada pangan, Prabowo juga bertekad menjadikan Indonesia negara mandiri dalam memenuhi kebutuhan energi.

Ketahanan diperlukan untuk mengantisipasi dampak terburuk dari situasi perekonomian global yang tidak menentu saat ini dan membuat setiap negara mengutamakan kepentingannya masing-masing.

“Jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, kita akan sulit mendapatkan sumber energi dari negara lain. Makanya kita harus mandiri,” ujarnya.

Prabowo yakin Indonesia bisa mewujudkannya.

“Kita diberkati Tuhan, tanaman kita banyak, sawit bisa menghasilkan bensin, kita juga punya singkong, sagu dan lain-lain, energi bawah tanah, panas bumi yang cukup, batu bara yang banyak, energi dari air,” ujarnya.

(tanggal/Agustus)