Berita Satu Relawan MER-C Berhasil Dievakuasi dari Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan bahwa warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan relawan MER-C, Farid Zanzabil Al Ayubi, telah berhasil dipindahkan dari GazaPalestina pada Sabtu (9/12) sekitar pukul 19.00 WIB.

Mas Farid merupakan relawan MER-C yang sebelumnya melakukan kerja kemanusiaan di RS Indonesia di Gaza utara, kata Retno dalam siaran persnya, Sabtu.

Dijelaskannya, sejak RS Indonesia tidak beroperasi lagi akibat serangan Israel yang terus menerus, Farid dan dua WNI lainnya yang juga relawan MER-C pindah ke Gaza bagian selatan.


Namun, lanjutnya, serangan Israel juga menyasar wilayah selatan Gaza.

Situasi di Gaza masih sangat berbahaya. Israel terus melakukan serangan setelah jeda kemanusiaan berakhir, kata Retno.

“Saat ini serangan Israel bahkan menyasar sebagian Gaza Selatan, khususnya di wilayah Khan Younis. Gaza Selatan sebelumnya merupakan wilayah yang relatif aman dibandingkan Gaza Utara,” imbuhnya.

Saat ini, Farid berada di perbatasan Rafah Mesir bersama tim evakuasi KBRI Kairo.

“Mas Farid merupakan salah satu dari tiga relawan MER-C yang sejak awal memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Namun seiring berkembangnya, Mas Farid kemudian memutuskan dan meminta bantuan untuk relokasi,” kata Retno.

Ia mengatakan, proses pemindahan Farid memakan waktu lama dan proses yang sangat rumit, apalagi dalam upaya memasukkan namanya ke dalam daftar WNA yang diperbolehkan menyeberang dari Gaza ke Mesir.

“Proses penambahan nama dalam daftar itu lagi-lagi merupakan proses yang sangat sulit. Seperti diketahui, pada masa jeda kemanusiaan, perbatasan Rafah tidak selalu terbuka untuk arus keluar karena yang diprioritaskan adalah masuknya bantuan kemanusiaan,” kata Retno.

Setelah proses yang panjang dan rumit tersebut, kata dia, Farid akhirnya bisa meninggalkan Gaza. Tim evakuasi KBRI Kairo selanjutnya akan membawa Farid ke Kairo dan memfasilitasi kepulangannya segera ke Indonesia.

(tim/anak-anak)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);