Berita Satgas TNI dan KKB Kontak Tembak di Yahukimo, 1 Orang Tewas

by


Jakarta, Pahami.id

Satgas TNI dikabarkan menyergap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diduga sebagai pelaku penembakan pesawat Wings Air di Kabupaten tersebut YahukimoPegunungan Papua.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengatakan, pasca peristiwa penembakan tersebut, TNI memperketat pengamanan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat.


Katanya, pada Kamis (22/2) sudah ada laporan dari masyarakat kepada pihak berwenang tentang adanya KKB yang mendekati bandara. Aparat TNI meresponsnya dengan mendatangi lokasi terkait.

“Setelah melihat kelompok bersenjata tersebut, Satgas melakukan penyergapan yang mengakibatkan terjadinya pertempuran di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, pada pukul 12.05 WIB,” kata Candra melalui keterangan tertulis.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Dijelaskannya, akibat penembakan tersebut, dua anggota KKB berhasil ditangkap, satu anggota KKB ditemukan tewas tertembak, dan sisanya melarikan diri.

Saat ini Satgas bersiaga tinggi untuk mengantisipasi gangguan keamanan, serta berkoordinasi dengan Polri untuk mengambil tindakan hukum lebih lanjut terhadap KKB yang diamankan, serta mereka yang melarikan diri, ujarnya.

Secara terpisah, Kapten Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa menambahkan, pada hari yang sama, terjadi pertempuran antara Satgas Yonif 411/Pdw melawan KKB di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Pegunungan Papua.

Di tempat berbeda di Paro Nduga juga terjadi penembakan antara Satgas Yonif 411/Pdw Pos Paro yang melakukan penyergapan dengan 5 KKB, dikabarkan satu KKB tertembak, namun berhasil ditarik dan dibawa kabur oleh KKB lainnya. ,” dia berkata.

(y/pm)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);