Berita Saksi Anies dan Ganjar Tolak Teken Hasil Rekapitulasi Suara di DIY

by


Yogyakarta, Pahami.id

Pasangan calon saksi (paslon) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimmin Iskandar dan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di DIY menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi Pilpres 2024 di tingkat daerah.

Saksi paslon 1 dan paslon 3 tidak mau menandatangani, kata Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi di Hotel Alana, Sleman, DIY, Selasa (5/3).

Shidqi menjelaskan, saksi Ganjar-Mahfud selalu menolak menandatangani berita acara rekapitulasi Pilpres 2024 mulai dari tingkat mukim hingga tingkat kabupaten, dan kini di tingkat daerah.


“Kalau (saksi) 03 keberatan, saksi hanya mengatakan karena di tingkat bawah tidak menandatangani, kemudian konsisten di tingkat daerah tidak menandatangani,” jelas Shidqi.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Sedangkan saksi Anies-Muhaimmin menolak menandatangani karena keberatan dengan beberapa aspek penyelenggaraan pemilu, atau bukan karena masalah teknis. Salah satunya adalah anggapan pemerintah ikut campur dalam Pilpres 2024.

Namun, lanjut Shidqi, penolakan tanda tangan tersebut tidak akan mempengaruhi hasil Pilpres 2024. Protes ini akan tetap dihadirkan di tingkat nasional.

Hasil rekapitulasi di tingkat daerah mencantumkan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai kandidat Pilpres 2024 yang paling unggul dari segi perolehan suara. Persentasenya, kata Shidqi, melebihi 50 persen.

“Sudah, tinggal kita tandatangani berita acaranya, setelah itu kita umumkan hari ini. Setelah ditandatangani, kita scan, kita upload di website dan juga kita posting di informasi pemilu (website) ),” pungkas Shidqi.

(cum/sen)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);