Berita Saat Luhut Bawa Pohon Mangrove buat IKN Minta Berkat Paus Fransiskus

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membawa pohon bakau tersebut ke hadapan para pemimpin Gereja Katolik sedunia dan Kepala Negara Tahta Suci, Vatikan. Paus Fransiskus.

Mangrove tersebut dibawa ke hadapan Paus saat hadir di Graha Pemuda, Jakarta, Rabu (4/9). Luhut meminta Paus memberkati pohon bakau yang akan ditanam di Jakarta dan ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).


Ia mengatakan ada lima pohon yang akan didoakan dan ditanam Paus di berbagai daerah. Namun, hanya satu pohon yang akan ditampilkan sebagai simbol.

Nanti secara simbolis mohon kepada Paus untuk memberkati (mendoakan) hutan bakau tersebut, ujarnya dalam acara tersebut.

Luhut lantas mengatakan, “Nanti kita akan tanam di lima wilayah, satu di Jakarta, IKN, Bali.”

Usai Luhut membawa pohon tersebut, Paus terlihat menuangkan tanah ke dalam pot lalu menyiramnya dengan sedikit air.

Paus mengunjungi Graha Pemuda untuk bertemu dengan kelompok pemuda dan perwakilan siswa dari beberapa sekolah di Jakarta dan daerah lainnya. Agenda ini diprakarsai oleh organisasi pendidikan global Scholas Occurentes.

Kunjungan tersebut dilakukan usai Paus menghadiri misa di Katedral, Jakarta.

Sebelumnya, Paus bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dan pejabat lainnya di Istana Merdeka. Dalam pertemuan tersebut, dia mengatakan kekerasan muncul karena pihak berwenang ingin menciptakan keseragaman.

Paus berada di Indonesia pada 3-6 September. Setelahnya, ia akan terbang ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

(isa/bac)