Berita Rusia Berhasil Rebut Kota Avdiivka, Putin Sebut Kemenangan Penting

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Rusia Vladimir Putin memuji keberhasilan pasukannya dalam merebut kota Avdiivka di timur Ukraina sebagai “kemenangan penting“, setelah Kyiv tiba-tiba menarik pasukannya dari wilayah tersebut.

Penaklukan kota tersebut menandai perolehan teritorial paling signifikan bagi pasukan Rusia sejak penaklukan Bakhmut pada Mei 2023.

“Presiden mengucapkan selamat kepada tentara dan pejuang kami atas kemenangan penting ini, atas keberhasilan ini,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada kantor berita negara, mengutip AFPSabtu (17/2).


Menteri Pertahanan Sergei Shoigu memberi tahu Putin tentang perebutan kota itu pada pertemuan di Kremlin, kata kementeriannya dalam sebuah pernyataan.

Avdiivka adalah “pusat pertahanan yang kuat” bagi angkatan bersenjata Ukraina dan penguasaannya akan “memobilisasi garis depan dari (kota) Donetsk,” sehingga mengurangi kemampuan Ukraina untuk menyerang benteng Rusia, kata kementerian pertahanan.

Wilayah Donetsk di Ukraina adalah satu dari empat wilayah yang diklaim telah dianeksasi oleh Rusia.

Moskow melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut Avdiivka, yang terletak sekitar 10 kilometer sebelah utara kota Donetsk, Oktober lalu, mengerahkan sumber daya peralatan dan tenaga kerja dalam jumlah besar ke kota tersebut.

Pertempuran Avdiivka adalah salah satu episode paling berdarah dalam konflik dua tahun tersebut.

Kyiv sebelumnya mengumumkan penarikan pasukan dari kota itu, yang dikatakan bertujuan untuk mengurangi korban militer di saat sumber daya terbatas.

“Saat ini, langkah-langkah sedang diambil untuk membersihkan kota dari militan dan memblokir unit Ukraina yang telah meninggalkan kota dan bersembunyi di pabrik kokas Avdiivka” di utara, kata kementerian pertahanan Rusia.

Moskow kembali melakukan serangan di Ukraina timur, dengan Kyiv kehabisan amunisi dan tenaga kerja di tengah terhambatnya bantuan Barat yang sangat dibutuhkan dan sulitnya upaya untuk merekrut lebih banyak pasukan.

Garis depan hampir tidak bergerak selama lebih dari setahun – kecuali saat Rusia merebut Bakhmut pada Mei lalu.

Namun, kekhawatiran meningkat di Kyiv dan negara-negara Barat mengenai kemampuan Ukraina untuk bertahan lebih lama melawan pasukan Rusia tanpa membuka paket bantuan militer senilai $60 miliar dari Amerika Serikat.

(AFP/dmi)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);