Berita Rudal dan Drone Rusia Gempur Sektor Energi Ukraina

by


Jakarta, Pahami.id

Tentara Rusia dilaporkan melancarkan serangan rudal dan drone yang menghancurkan infrastruktur energi di lima provinsi di Ukraina hari ini, Sabtu (1/6).

Operator jaringan listrik nasional Ukraina, Ukrenergo, mengatakan serangan itu dilakukan terhadap lima fasilitas yang berlokasi di Donetsk Timur, Zaporizhia dan Dnipropetrovsk tenggara, Kirovohrad, Ivano-Frankivsk dan Ukraina barat.


“Pagi ini Rusia kembali melancarkan serangan terhadap fasilitas energi Ukraina,” demikian pernyataan resmi Ukrenergo Al Jazeera.

“Sejak Maret lalu, ini adalah serangan rudal dan drone keenam yang besar dan kompleks terhadap infrastruktur energi publik.”

Situasi serupa juga dialami DTEK sebagai perusahaan pembangkit listrik swasta terbesar di Ukraina. DTEK mengatakan setidaknya dua pembangkit listrik tenaga panasnya rusak parah akibat serangan rudal Rusia.

[Gambas:Video CNN]

Dikutip Al Jazeera, pejabat daerah setempat mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran saat ini berusaha memadamkan api yang terjadi di beberapa lokasi pasca serangan tersebut.

Sementara itu, masih belum ada komentar resmi dari pemerintah Rusia terkait penyerangan tersebut. Rusia sendiri telah melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina sejak Februari 2022.

Sejauh ini pertahanan udara Ukraina telah menembak jatuh 35 dari 53 rudal yang ditembakkan Rusia dan menghancurkan 46 dari 47 drone Rusia.

Serangan terbaru Rusia terhadap Ukraina terjadi dua hari setelah Presiden AS Joe Biden memberi wewenang kepada Ukraina untuk menggunakan senjata AS untuk menyerang wilayah Rusia dengan tujuan terbatas untuk mempertahankan Kharkiv.

RFE/RL pada tanggal 31 Mei melaporkan bahwa Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan perubahan kebijakan itu “sah” karena Ukraina membela diri.

(tfq/chri)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);