Berita Jokowi Kecam Keras Serangan Brutal Israel ke Rafah

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia mengutuk keras serangan militer Israel di Rafah, Jalur Gaza, Palestina.

Hal itu disampaikan Jokowi menanggapi penyerangan tentara Israel terhadap pusat pengungsi Palestina di Rafah beberapa hari lalu.


Meski sudah berkali-kali saya sampaikan, namun saya ingin tegaskan kembali bahwa Indonesia mengutuk keras serangan Israel di Rafah, kata Jokowi di Kota Dumai, Riau, Sabtu (1/6).

Jokowi menegaskan, Israel harus mematuhi hukum internasional, termasuk perintah Mahkamah Internasional untuk menghentikan serangannya terhadap Palestina.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Israel harus mempunyai kewajiban untuk mematuhi Mahkamah Internasional, termasuk menghentikan serangan ofensif terhadap Palestina,” tambahnya.

Kecaman tersebut menunjukkan sikap tegas Indonesia terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional, serta mendukung perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

Sebelumnya, Mahkamah Internasional (ICJ) telah memerintahkan Israel menghentikan serangannya ke Rafah. Keputusan tersebut disampaikan pada Jumat (24/05) lalu.

Mahkamah Internasional memerintahkan Israel untuk segera menghentikan serangan militernya, dan tindakan lainnya di Kegubernuran Rafah, yang dapat menyebabkan kondisi kehidupan kelompok Palestina di Gaza yang dapat mengakibatkan kehancuran fisik total atau sebagian.

Selain itu, Israel juga harus menjaga penyeberangan Rafah tetap terbuka untuk penyediaan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan tanpa hambatan.

Namun Israel tidak mematuhi keputusan tersebut. Tentara Negara Zionis terus melakukan penembakan terhadap kawasan Rafah yang merupakan satu-satunya tempat pengungsian warga Palestina setelah hampir seluruh wilayah Gaza dibombardir Israel sejak awal Oktober 2023.

Banyak korban meninggal di Rafah adalah anak-anak dan perempuan. Negara-negara yang tadinya mendukung Israel kini beralih mendukung Palestina karena kejadian tersebut.

(tim/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);