Berita RSPPN Jadi Rumah Sakit TNI Terbesar di Indonesia

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Pertahanan Prabu Subianto MIa mengatakan, Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman merupakan rumah sakit TNI terbesar di Indonesia.

Panglima RSPPN Soedirman yang dimaksud Prabowo baru saja dilantik Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (19/2).

RSPPN mempunyai fasilitas sebagai berikut: 1.000 tempat tidur rawat inap, 11 ruang operasi, ICU/ICU, ICCU, NICU, PICU 90 tempat tidur, dan 55 tempat tidur darurat, sehingga akan menjadi rumah sakit terbesar milik TNI,” kata Prabowo. pada peresmian. .


RSPPN Panglima Besar Soedirman terdiri dari 28 lantai. Rumah sakit ini menempati lahan seluas 2,2 hektar dengan luas bangunan 62 meter persegi. Lokasinya di Jalan Veteran Raya, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

RSPPN juga dilengkapi dengan layanan kesehatan seluruh organ tubuh, otak, jantung dengan fasilitas seperti Digital Subtraction Angiography (DSA), MRI, CT scan, panorama 360 hingga USG empat dimensi.

Selain itu, RSPPN juga menyediakan layanan terpadu yang dilengkapi dengan perangkat robotik dan laser untuk penyandang disabilitas dan penyandang lemah kaki dan tangan.

“Layanan hemodialisis bagi pasien yang membutuhkan cuci darah, 30 mesin. 2 layanan terapi gangguan pembuluh darah. Layanan pengobatan regeneratif, layanan terpadu bedah kanker dan kemoterapi,” ujarnya.

Prabowo berharap RSPPN dapat memenuhi kebutuhan sebagai rumah sakit rujukan prajurit TNI dan keluarganya serta bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Rumah Sakit ini juga merupakan rumah sakit pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Pertahanan dan akan bekerjasama dengan universitas lain dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Selain RSPPN, Presiden Jokowi juga meresmikan 20 RS TNI lainnya di berbagai daerah pada hari ini. Jokowi hadir dalam pelantikan secara virtual tersebut.

20 RS TNI lainnya yang diresmikan adalah 11 Rumah Sakit Militer (RSAD) yaitu RSAD Tk. IV Pangkal Pinang Kesdam II/Swj di Pangkalpinang, RSAD Tk. Dr.III Reksodiwiryo Padang Sumbar Kesdam I/BB di Padang, RSAD Tk. IV Kesdam Iskandar Muda di Aceh, RSAD Tk. IV Atambua Kesdam IX/Udy di Atambua, RSAD Tk. IV Bima Kesdam IX/Udy di Bima, RSAD Tk. IV Gorontalo Kesdam XIII/Mdk di Gorontalo.

Kemudian RSAD Tk. III Mamuju Kesdam XIV/Hsn di Mamuju, RSAD Tk. III Tanjung Selor Kesdam VI/Mlw di Tanjung Selor, RSAD Tk. IV Samarinda Kesdam VI/Mlw di Samarinda, RSAD Tk. IV JA Dimara Manokwari Kesdam XVI/Ksr di Manokwari, dan RSAD Tk. IV Sorong Kesdam XVIII/Ksr di Sorong.

Kemudian tiga Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) yaitu RSAL Tk. III Rahadi Osman Lantamal XII di Pontianak, TK RSAL. III Dr.dr Tarmizi Taher Lantamal II di Padang, dan RSAL dr. TK Oetoyo. III Lantamal XIV di Sorong.

Serta enam Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) yaitu RSAU dr. Lanud Mohammad Moenir Abd Saleh Malang, RSAU dr. Lanud Efram Harsana Iswahjudi Madiun, RSAU dr. Lanud Siswanto Adi Soemarmo Solo, RSAU dr. Lanud Hoediyono Suryadharma Subang, RSAU dr. Lanud Norman Lubis Sulaiman Bandung, dan RSAU dr. Pangkalan Udara Sukirman Roesmin Nurjadin di Pekanbaru.

(kamu/bmw)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);