Berita RS Indonesia Gaza Dikuasai Israel hingga IDF Gagal Tangkap Bos Hamas

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Angkatan Pertahanan Israel (Pasukan Pertahanan Israel/IDF) mengatakan Rumah Sakit Indonesia di Gaza sebagai pangkalan militer.

Sementara itu, dalam beberapa hari terakhir, Israel juga mengaku telah menyerbu sebuah terowongan di Gaza namun gagal menangkap pimpinan Hamas Yahya Sinwar yang diduga bersembunyi di sana.

Berikut International Flash hari ini, Kamis (21/12).


Tentara Israel menguasai dan menggunakan Rumah Sakit Indonesia di Gaza sebagai pangkalan militer di tengah invasi mereka ke Palestina.

Situasi tersebut diungkapkan Ketua Presidium organisasi relawan kemanusiaan Indonesia Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (20/12).

“Apa yang terjadi sekarang, sekitar dua minggu lalu, Israel mengerahkan tentaranya dan… [menjadikan] kantor [RS Indonesia]”, yang pernah mereka tuduh sebagai markas Hamas dan tidak ada orang Hamas di sana,” kata Sarbini.

Pihak berwenang Malaysia mengusir dan menolak mengizinkan kapal kargo berbendera Israel berlabuh di pelabuhan negara tersebut.

Tindakan tegas ini diambil Malaysia sebagai respons atas agresi Israel terhadap Palestina sejak 7 Oktober.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyatakan setiap kapal yang menuju Israel akan segera dilarang bongkar muat di pelabuhan negara mayoritas Muslim di Asia Tenggara itu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku telah dua kali mencapai terowongan di Gaza, namun gagal menangkap pemimpin Hamas Yahya Sinwar yang diyakini bersembunyi di sana.

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, Channel 13 seperti dikutip Times of Israel, melaporkan bahwa IDF memfokuskan operasinya di sekitar kota Khan Younis di Gaza, untuk memburu dan membunuh Sinwar.

Intelijen yang dikumpulkan oleh IDF menunjukkan bahwa Sinwar bersifat mobile dan tidak tinggal lama di satu tempat.

Sinwar kini diyakini oleh Israel bersembunyi di Khan Younis, setelah melarikan diri dari Gaza utara, dengan bersembunyi di konvoi kemanusiaan menuju selatan ke Gaza.

(dan/Dna)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);