Berita Ribuan Warga Israel Demo Desak Netanyahu Mundur dari Kursi PM

by


Jakarta, Pahami.id

Ribuan warga Israel berdemonstrasi di ibu kota Tel Aviv menuntut Perdana Menteri Benyamin Netanyahu menarik diri dan menuntut upaya pemerintah untuk membebaskan para sandera di Gaza.

Menurut laporan video Jerman WelleDemonstrasi terjadi pada Sabtu (9/11) malam.

Para pengunjuk rasa menuntut Netanyahu mengundurkan diri sebagai perdana menteri. Banyak di antara mereka yang juga membawa foto kerabatnya yang masih disandera Hamas.


Salah satu pengunjuk rasa membawa poster bertuliskan “Keluarkan mereka dari neraka.”

Sementara itu, Al-Quds Dilaporkan, para pengunjuk rasa menyerukan pemerintah Israel untuk mencapai kesepakatan dengan kelompok Hamas agar para sandera dapat dikembalikan.

“Kami mendengar suara-suara perang yang tidak perlu dan melihat waktu terbuang percuma,” kata juru bicara keluarga para sandera.

Ayah salah satu sandera menunjukkan jam pasir saat demonstrasi. Dia ingin mengingatkan pemerintah Israel bahwa waktu hampir habis.

Pengunjuk rasa lainnya juga meminta Netanyahu untuk mengembalikan anak-anak mereka dalam keadaan hidup, begitu pula yang lainnya.

Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata pada 24 November dan diperpanjang dua kali hingga berakhir pada 30 November.

Kesepakatan tersebut mencakup pertukaran sandera, penghentian pertempuran, dan lebih banyak bantuan kemanusiaan yang masuk.

Selama masa gencatan senjata, Hamas membebaskan 105 sandera, dan Israel membebaskan 240 tahanan Palestina dari penjara mereka.

Setelah gencatan senjata berakhir, Israel langsung menyerang Gaza di selatan dan utara.

Untuk melepaskan sandera, kedua belah pihak harus duduk satu meja. Namun Hamas menyatakan tidak akan bernegosiasi dengan Israel atau melepaskan sandera sampai pasukan Zionis menghentikan invasi.

Kelompok ini juga menuduh Israel melanggar perjanjian gencatan senjata sebelumnya. Israel juga menuduh Hamas melakukan tindakan serupa.

“Tidak akan ada negosiasi atau pertukaran tahanan sampai agresi Israel terhadap Jalur Gaza berhenti,” kata pejabat Hamas Osama Hamdan pekan lalu, seperti dikutip Al Arabiya News.

[Gambas:Video CNN]

(isa/dna)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);