Berita RI soal Krisis Gaza: Keinginan Israel Menghilangkan Palestina

by

Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi katakan apa yang terjadi di Gaza adalah keinginan Israel untuk melenyapkan negara tersebut Palestina.

Pernyataan tersebut terungkap saat Retno dan sejumlah menteri luar negeri negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron di London pada Rabu (22/11).

Kunjungan tersebut menyusul pertemuan luar biasa OKI untuk menggalang dukungan anggota tetap Dewan Keamanan PBB terkait krisis di Gaza.


“Saya juga sampaikan bahwa apa yang terjadi di Gaza bukan hanya terjadi saat ini. Namun, ini merupakan kelanjutan dari ketidakadilan terhadap Palestina, kelanjutan dari pendudukan ilegal Israel, dan kelanjutan dari keinginan Israel untuk melenyapkan Palestina,” kata Retno secara virtual. konferensi pers pada Kamis (23/11).

Ia kemudian mengkritik Israel yang menggunakan alasan membela diri saat menginvasi Palestina.

“Membela diri tidak berarti izin untuk membunuh warga sipil,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Retno juga menyampaikan bahwa gencatan senjata permanen diperlukan untuk menghentikan kebrutalan tentara Israel dan penyerangannya terhadap fasilitas umum.

Israel dan milisi Palestina, Hamas, menyetujui gencatan senjata empat hari yang ditengahi oleh Qatar pada hari Rabu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed Al Ansari mengatakan gencatan senjata akan dilakukan pada Jumat (24/11) pukul 07.00 waktu setempat atau sekitar pukul 12.00 WIB.

Perjanjian tersebut mencakup pertukaran sandera di Israel dan Gaza.

Dari Gaza, sebanyak 50 perempuan dan anak-anak disandera, sedangkan dari Israel sebanyak 150 warga Palestina akan dibebaskan.

Perjanjian tersebut juga mencakup kemungkinan mengirimkan sejumlah besar bantuan kemanusiaan termasuk bahan bakar ke Gaza.

Kesepakatan gencatan senjata dicapai setelah lebih dari sebulan agresi Israel terhadap Palestina.

Selama invasi, mereka menyerang warga dan fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit. Akibat serangan itu, lebih dari 14.000 orang di Palestina tewas.

(tersedia/bmw)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);