Berita RI Dukung Gugatan Afsel di Sidang ICJ, Desak Setop Agresi Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Departemen Luar Negeri (Departemen Luar Negeri) RI menyatakan dukungannya terhadap gugatan tersebut Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ) atau Mahkamah Internasional Israel.

RI juga mendukung permintaan tindakan sementara agar Israel menghentikan agresi terhadap Palestina.

“Indonesia mendukung penuh gugatan yang diajukan Afrika Selatan di @CIJ_ICJ terhadap Israel atas kejahatan genosida (11/1),” demikian keterangan Kemlu di X, Jumat (12/1).


Mereka kemudian melanjutkan, “Serta permintaan untuk mengambil tindakan sementara agar Israel segera menghentikan operasi militernya di Gaza.”

Pernyataan RI itu disampaikan usai sidang pertama gugatan Afrika Selatan berlangsung pada 11 Januari di Den Haag, Belanda.

Dalam persidangan, Afrika Selatan dengan lantang menuduh Israel melakukan genosida. Mereka juga menuntut penghentian darurat serangan militer Israel di Jalur Gaza.

Pengacara yang mewakili Afrika Selatan, Adilla Hasim, berpendapat bahwa Israel melanggar Pasal Dua Konvensi Genosida.

“Dengan melakukan perbuatan yang masuk dalam definisi genosida. Perbuatan tersebut menunjukkan pola perilaku sistematis yang dapat disimpulkan sebagai genosida,” kata Hassim seperti dikutip Reuters.

Afrika Selatan sebelumnya mengajukan gugatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional atas dugaan pembantaian warga Palestina di Gaza.

Mahkamah Internasional menyatakan gugatan tersebut diterima pada 29 Desember. Dalam gugatannya, Afrika Selatan menuduh Israel melanggar kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida 1948.

“Tindakan dan kelalaian Israel [itu] adalah genosida, karena tindakan ini dilakukan dengan tujuan khusus untuk menghancurkan rakyat Palestina di Gaza,” demikian bunyi gugatan Afrika Selatan, seperti dikutip CNN.

Sementara itu, Israel membantah gugatan Afrika Selatan. Mereka mengklaim tuntutan hukum tersebut menyerukan kehancuran Israel sebagai sebuah bangsa.

(isa/asr)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);