Berita RI di Garis Depan Bela Palestina

by


Semarang, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia berada di garda depan dalam membela keadilan Palestina.

Hal itu disampaikan Retno saat menerima penghargaan khusus Outstanding Leadership in Foreign Diplomacy pada acara Pahami.id Awards di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/8) sore.

Retno mengatakan Indonesia juga terus berkontribusi terhadap perdamaian dalam konflik Rusia-Ukraina.


“Tekad Indonesia adalah bagian dari solusi. Indonesia berada di garda depan dalam membela keadilan bagi Palestina. Sangat mengejutkan ketika suatu negara diam dan malah mendukung rezim Zionis, rezim yang telah menewaskan lebih dari 40 ribu orang,” kata Retno. saat memberikan sambutan, Rabu (14/8).

Usai menerima penghargaan, Retno mengucapkan terima kasih kepada Chairman CT Corp Chairul Tanjung dan seluruh staf Pahami.id yang telah memberikan penghargaan tersebut.

Suatu kehormatan bagi saya bisa menerima penghargaan dari Pahami.id, kata Retno.

Sebagai menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia, Retno telah menjabat selama dua periode sejak tahun 2014.

Ia dianugerahi penghargaan agen perubahan di bidang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dari UN Women dan Partnership Global Forum (PGF) pada tahun 2017.

Reto juga dipercaya oleh para pemimpin Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sebagai salah satu pembawa perdamaian Palestina.

Ia menyita perhatian dunia setelah mengungkapkannya saat Duta Besar Israel Gilad Erdan berbicara pada debat terbuka Dewan Keamanan PBB tentang Palestina di New York, Amerika Serikat pada akhir Januari lalu.

Retno juga mendapat penghargaan dari negara-negara Arab karena konsisten mendukung Palestina saat menerima kunjungan duta besar Arab dan perwakilan kedutaan besar di Indonesia.

(ryh/fra)