Berita Respons Jokowi soal Prabowo Ingin Bawa Menteri-Wamen Bermalam di Akmil

by


Solo, Pahami.id

Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Merah Putih dilantik oleh Presiden RI periode 2024-2029 Prabu Subianto akan mengikuti pelatihan di Akademi Militer (Akmil) Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah usai diresmikan.

Kegiatan ini pun mendapat respon positif dari Presiden Ketujuh RI, Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja pensiun pada Minggu (20/10).

Jokowi yang kini sudah kembali ke Solo menilai kegiatan ini bisa meningkatkan kekompakan para menteri kabinet.


“Bagus. Ada pembekalan, pemerataan visi, penyatuan kabinet di awal. Saya kira bagus, bagus sekali,” kata Jokowi usai menerima tamu yang menyambut kedatangannya di Solo, Minggu.

Jokowi pun menilai positif komposisi menteri yang mengisi kabinet Merah Putih. Ia meyakini, Prabowo memilih menterinya dari tokoh-tokoh terbaik.

“Siapapun yang terpilih harus melalui pertimbangan yang matang, melalui perhitungan yang matang. Saya yakin yang terpilih oleh Pak Prabowo adalah yang terbaik dari yang ada,” kata ayah Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka ini.

Prabowo Subianto mengumumkan seluruh nama anggota kabinetnya pada Minggu malam di Istana Merdeka, Jakarta. Beberapa nama tersebut di antaranya adalah tokoh-tokoh yang pernah menjadi menteri di kabinet pemerintahan Jokowi.

Prasetyo Hadi yang dilantik menjadi Menteri Sekretaris Negara oleh Prabowo mengungkapkan padatnya jadwal Kabinet Merah Putih pada pekan ini mulai dari dilantik hingga menjalani pelatihan di Akademi Militer (Akmil).

Dia mengatakan, Prabowo akan melantik para pembantunya di Kabinet Merah Putih di Istana pada Senin (21/10), kemudian sidang kabinet paripurna pertama akan digelar dua hari kemudian.

Ya, rencananya besok pelantikan menteri dan wakil menteri, kata Prasetyo Hadi di Istana Merdeka, Minggu sore.

Agenda pelantikan menteri di Istana Kepresidenan Jakarta akan dimulai pada pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan agenda pelantikan wakil menteri pada pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya pada hari Selasa (22/10) akan dilaksanakan agenda pengangkatan pimpinan lembaga/lembaga, dan pada hari Rabu (23/10) agenda akan dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Kabinet yang pertama.

Prasetyo mengatakan, Prabowo juga telah mengagendakan kegiatan bimbingan dan pelatihan di Akademi Militer Magelang sebagai pembekalan kepada anggota kabinet dan penjelasan program kerja prioritas pemerintah.

Kegiatan di Lembah Tidar tersebut akan berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Prasetyo mengatakan, Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan memberikan petunjuk dan petunjuk teknis kepada masing-masing kementerian agar bisa saling mengenal.

Rencananya beliau akan mengumpulkan kami kembali untuk kegiatan di Akademi Militer di Magelang, ujarnya seraya mengatakan kegiatan di dalam ruangan akan ditutup.

Prasetyo mengatakan, aktivitas di Magelang penting. Selain sebagai bekal program, juga menjadi peluang untuk mempererat kerja sama di masing-masing kementerian/lembaga.

“Belum semua orang saling kenal, karena jumlah kementeriannya bertambah dari periode sebelumnya. Tentu perlu kerja sama yang erat. Makanya Pak Prabowo mempercepat proses kerja sama dengan rutin mempertemukan kita,” ujarnya.

(syd/anak)