Berita Anwar Ibrahim Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Presiden Prabowo

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahimucapan selamat kepada Prabowo Subianto setelah resmi dilantik menjadi Presiden RI.

Dalam keterangannya, ia berharap Prabowo dapat mengemban amanah sebagai Presiden RI dengan baik.


“Saya mewakili pemerintah Malaysia menyampaikan ucapan selamat dan harapan terbaik saya ketika sahabat lama saya, Prabowo, (telah) memulai tugasnya (sebagai Presiden Indonesia),” kata Anwar kepada kantor berita Malaysia, BERNAMA, setibanya di Malaysia usai menghadiri upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Gedung MPR, Jakarta Pusat, Minggu (20/10) pagi WIB.

Berikutnya pada kesempatan ini PM Anwar juga menyampaikan apresiasinya kepada Joko Widodo (Jokowi) yang telah menjabat Presiden Indonesia selama 2 periode sejak tahun 2014.

Sebab, ia yakin, selama menjabat, Jokowi berhasil menjaga dan mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia. Ia menilai upaya Jokowi mendekatkan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang.

Usai menghadiri pelantikan Prabowo, Anwar kemudian menuju Bandara Halim Perdana Kusuma untuk terbang ke Malaysia pada pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, Anwar tiba di Indonesia untuk menghadiri acara pelantikan Prabowo pada Sabtu (19/10) malam WIB. Anwar merupakan satu dari puluhan kepala negara sahabat yang diundang dalam upacara pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI di depan MPR.

Setibanya di Indonesia, Anwar langsung mendatangi rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan. Di sana, Anwar dan Prabowo dikabarkan membahas beberapa isu strategis.

Kehadiran Anwar di pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI merupakan upaya Anwar mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia.

Sejak menjabat sebagai PM Malaysia pada tahun 2022, Anwar menjadikan Indonesia sebagai mitra diplomatik utamanya. Hal itu dibuktikan dengan kunjungan kerja pertamanya ke Indonesia pada Januari 2023.

Selain itu, pengakuan Indonesia sebagai mitra diplomatik utama Malaysia juga dibuktikan dengan kehadiran Anwar pada KTT ASEAN yang akan digelar di Labuan Bajo dan Jakarta pada akhir tahun 2023.

(gas/bac)