Berita Rekapitulasi Suara di Kecamatan Hampir Rampung, Lanjut Provinsi

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari membeberkan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat kabupaten sudah hampir siap.

Hal itu diungkapkan Hasyim usai KPU menyimpulkan hasil pemungutan suara tingkat nasional dari 127 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) pada Senin malam (4/3).


“Bisa dikatakan rekapitulasi di kabupaten sudah hampir selesai,” kata Hasyim.

Suara pemilih luar negeri dihitung ulang terlebih dahulu di tingkat nasional karena sudah selesai di tingkat PPLN.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Sedangkan penghitungan suara pemilih dalam negeri belum dilakukan penghitungan secara nasional karena penghitungan ulang masih dilakukan di tingkat yang lebih rendah.

Hasyim menjelaskan, rekapitulasi bertahap dilakukan secara paralel mulai dari tingkat mukim, kabupaten/kota, daerah hingga nasional. Saat ini rekapitulasi di setiap tingkat masih berlangsung.

Hasyim juga menjelaskan, rekapitulasi bertahap ini nantinya akan menjadi acuan dalam penentuan jumlah suara pemilu.

“Sebenarnya daerah sudah mulai melakukan rekapitulasi di tingkat daerah. Yang dihitung ulang oleh daerah adalah hasil rekapitulasi tingkat kabupaten. Yang direkapitulasi oleh rekan-rekan KPU kabupaten adalah hasil rekapitulasi di masing-masing mukim,” ujarnya.

Hasyim mengatakan, rekapitulasi tingkat nasional dilakukan secara terbuka. Setiap saksi, baik dari partai politik maupun pasangan calon, bisa meminta penjelasan mengenai hal-hal yang dianggap janggal.

“Seperti yang kita lihat pada rekapitulasi di tingkat nasional, kami menyelidiki pertanyaan dan permintaan klarifikasi satu per satu,” ujarnya.

KPU mempunyai waktu hingga 20 Maret untuk menyelesaikan penghitungan ulang suara di tingkat nasional. Setelah itu, jika ada pihak yang tidak puas dengan perolehan suara, bisa mengajukan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi.

(yla/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);