Berita Raja Norwegia Harald Masuk Rumah Sakit saat Liburan di Malaysia

by


Jakarta, Pahami.id

Raja Norway Harold dirawat di rumah sakit karena terinfeksi saat berlibur di Malaysia. Royal House of Norwegia mengonfirmasi kondisi kesehatan raja berusia 87 tahun itu pada Selasa (27/2).

Kunjungan Harald V ke Malaysia merupakan bagian dari jadwal pribadinya selama kunjungannya baru-baru ini ke Asia Tenggara.


“Yang Mulia Raja jatuh sakit saat berlibur di Malaysia dan dirawat di rumah sakit di sana karena infeksi. Beliau mendapat perawatan yang baik dari staf medis Malaysia dan Norwegia,” demikian pernyataan resmi kerajaan seperti dilansir AFP.

Harald V saat ini tercatat sebagai raja yang paling lama memerintah di Eropa. Dia akan berusia 87 tahun pada bulan Februari 2024. Kini, dia membutuhkan tongkat untuk bergerak dan menderita serangkaian penyakit belakangan ini.

Diantaranya yang tercatat adalah operasi jantung dan berbagai gangguan pernafasan, termasuk infeksi. Pada akhir Januari 2024, Harald juga mengambil cuti sakit karena infeksi saluran pernafasan.

[Gambas:Video CNN]

Sekarang, dia mendapat infeksi lagi. Namun, pemerintah Norwegia tidak membeberkan rincian infeksi yang menjangkiti Raja Harald selama berada di Malaysia.

Ia sebelumnya menampik spekulasi dirinya akan turun tahta dalam waktu dekat karena kondisi tersebut. Spekulasi ini mengikuti jejak sepupu jauhnya, Ratu Margrethe II dari Denmark.

Ratu Margrethe II telah berulang kali menegaskan bahwa dia tidak akan mundur. Namun, dia tiba-tiba mengejutkan Denmark pada Malam Tahun Baru dengan mengumumkan rencana turun tahta demi putra sulungnya, Frederik.

Kendati demikian, Harald mengaku tak akan mundur untuk memenuhi sumpahnya di parlemen. Dia telah menjadi kepala negara seremonial Norwegia sejak tahun 1991.

“Saya berpegang pada apa yang selalu saya katakan, bahwa saya bersumpah demi Storting (parlemen) dan itu seumur hidup,” kata Harald, dikutip media Norwegia.

Saat Harald sedang tidak bertugas, Putra Mahkota Haakon, yang kini berusia 50 tahun, menjadi wakil ayahnya.

(AFP/Kris)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);